Kinerja ASN Harus Ditingkatkan

NGAMPRAH– Agar tidak terjebak dalam rutinitas akibat beban kerja yang sangat tinggi, melakukan kegiatan yang bersifat “Out of The Box” dinilai wajib diberikan kepada setiap aparatur sipil negara (ASN), sehingga bisa berdampak baik pada kondisi fisik dan psikologis. Dengan demikian bisa menumbuhkan semangat dan etos kerja yang lebih baik dalam melayani masyarakat.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah melalui capacity building dengan membangun kedekatan emosional antar sesama personel yang dapat menumbuhkan kerjasama tim yang lebih solid. “Saya kira kegiatan capacity building wajib hukumnya bagi para ASN agar mereka tidak terjebak dalam rutinitas dengan beban kerja yang cukup tinggi. Ini merupakan kegiatan yang bersifat out of the box”. Dengan demikian bisa lahir sinergitas diantara sesama personel sehingga bisa melahirkan ide-ide cemerlang yang bisa diaplikasikan dalam tugas sehari-hari,” kata Pj Bupati Bandung Barat, Dadang Mohamad Masoem ketika membuka kegiatan Capacity Building Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat, di Lembang, kemarin.

Menurutnya, hal semacam ini merupakan hal yang sangat penting dalam dunia kerja, karena selain untuk menumbuhkan kekeluargaan dan jiwa kebersamaan, juga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang mungkin terpendam. “Karena terlalu fokus pada pekerjaan juga tidak bagus baik untuk individu si pegawai maupun untuk keberlangsungan organisasi. Jadi dibutuhkan hiburan yang tidak lepas dari konteks pekerjaan melalui hal-hal seperti ini,” tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat, Ade Wahidin menjelaskan, capacity building yang dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan jiwa kepemimpinan diantara sesama staf di instansi yang dipimpinnya demi menunjang terwujudnya Koperasi dan UMKM yang tangguh dan mandiri.

“Sebagai aparatur pemerintahan kita harus bisa menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan zaman serta harus memahami konsep diri bahwa kita adalah pelayan masyarakat, sehingga harus memiliki kompetensi yang jelas dalam melayani masyarakat. Karena buat kami pelayanan bagi masyarakat hal yang utama,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan