Kerjasama Strategis Wujudkan Pelayanan Primer Bermutu

BANDUNG – BPJS Kesehatan terus berkomitmen kuat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS, khususnya pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Komitmen ini ditunjukkan salah satunya melalui Pertemuan Koordinasi Pemantapan PelayananPrimer Tahun 2018 oleh BPJS Kesehatan Ca­bang Bandung.

”Pertemuan ini sebagai upaya membentuk kerja­sama strategis antara BPJS Kesehatan dengan FKTP dalam memberikan pe­layanan terbaik dan membangun FKTP yang berkualitas”, jelas Herman Dinata Mihardja, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung dihadapan per­wakilan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ketua Asklin Kota Bandung, Kepala Bi­dang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan, serta FKTP Klinik Pratama se-Kota Bandung.

Pertemuan koor­dinasi ini se­cara kontinu dilakukan untuk mening­katkan pelayanan kesehatan pagi Perserta JKN-KIS di Kota Bandung.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kese­hatan, Teja Pamela, juga menjelaskan bahwa mulai 1 Januari 2018 BPJS Kese­hatan sudah menerapkan pembayaran Kapitasi Ber­basis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK). Tujuan dari pene­rapan KBK adalah sebagai indikator kinerja yang ber­dampak pada ha­sil berdasarkan pemenuhan komitmen pe­layanan atau kinerja FKTP.

”Tujuan dari sistem ini juga untuk meningkatkan performa dan mutu FKTP dalam memberikan pe­layanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. Bagaima­napun juga, FKTP sebagai gatekeeper yang merupakan kontak pertama peserta,” jelas Teja.

Dalam pertemuan koor­dinasi tersebut juga disam­paikan terkait Program Rujuk Balik, Kunjungan Kontrol, dan Prolanis. Ketiga hal tersebut tentunya menjadi komitmen FKTP dalam meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan keseha­tan kepada Peserta. Harapan kedepannya, program-program yang tujuannya dibentuk untuk meningkat­kan kepuasan Peserta Pro­gram JKN-KIS dapat berja­lan stabil dan dilaksanakan secara konsisten. (*/rls)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan