Keren, TPS di Hias Bahan Daur Ulang

SOREANG – Salah satu karya kreatif Tempat Pemungutan Suara (TPS) 08 warga Kampung Sindang Mulya, Desa Sadu, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung patut diapresiasi. Sebab, keberadaan TPS tersebut dihiasi dengan bahan-bahan yang berasal dari sampah, namun tetap indah dan menarik.

Ketua KPPS 08 Cecep Mulyana mengatakan, pihaknya sengaja menghiasi TPS tersebut dengan bahan daur ulang sampah atas ide kreatif para pemuda setempat.

Menurutnya, hampir semua bagian di TPS itu dari bahan sampah yang sudah tidak terpakai. Mulai dari dinding yang terbuat dari kayu bekas dibalut dengan kertas semen hingga hiasan bunga dari sampah-sampah botol plastik.

Cecep mengungkapkan, tujuan dihadirkannya TPS dari sampah daur ulang ini selain untuk meningkatkan partisipasi pemilih juga mengkampanyekan soal pemeliharaan lingkungan pada warga.

“Kami mengangkat tema literasi di TPS ini. Tujuannya ingin memberikan pemahaman sampah itu dapat menjadi bahan yang berguna. Lihat saja semua bagian TPS dari bahan tak terpakai,” ujar Cecep, kemarin (27/6).

Menurut Cecep, ide kreatif ini juga selaras dengan program pemerintah yang saat ini gencar melakukan upaya pembersihan lingkungan dari sampah termasuk Citarum yang digulirkan pemerintah pusat tahun ini. Bahkan, memberikan edukasi kepada warga yang memilih bahwa sampah-sampah yang terlihat tidak terpakai ternyata bisa dimanfaatkan menjadi barang seni yang indah.

“Semoga dengan adanya TPS daur ulang sampah bertepatan dengan hari pemilihan gubernur Rabu ini menjadi sarana warga Soreang ikut serta berkontribusi terhadap segala program pemerintah,” harap Cecep. (mol/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan