Kemukakan Hasil Studi Banding ke Publik

SOREANG – Dalam melakukan kunjungan kerja atau studi banding DPRD Kabupaten Bandung selalu mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas terkait ke berbagai kota. Hal ini, dilakukan agar dinas tersebut melihat langsung berbagai kemajuan yang ditemui dan bisa diterapkan di Kabupaten Bandung.

” Jadi bukan hanya kami yang menerima informasi. Tapi dinas sendiri ikut dan tahu bagaimana proses sampai hasilnya, sehingga bisa diterapkan disini,” ujar Wakil pimpinan DPRD Kabupaten Bandung Yayat Hidayat ketika ditemui belum lama ini.

Hapus Stigma Negatif Kunker Dewan-
MELEPAS LELAH: Para anggota dewan rehat sejenak setalah
melakukan perjalanan jauh dalam rangka kunker ke daerah.
Dia mengatakan, salah satu hasil studi banding yang kini sudah terasa manfaatnya oleh masyarakat, seperti jalan mantap yang sebelumnya baru di angka 85 persen, saat ini meningkat jadi 90 persen. Kemudian peningkatan pelayanan perizinan dan pajak.

’’Alhamdulillah sudah terlihat. Lalu PBB juga, meski belum signifikan. Ini salah satu bukti dari studi banding yang bisa diterapkan disini,” kata dia.

Dia mengatakan, beberapa hasil dari kunjungan kerja yang dilakukan Komisi B adalah, terkait di bidang pertanian dengan studi banding ke provinsi Bali.

“Kenapa disana pertanian maju, karena sudah ada yang namanya subak. Ini satu aturan pertanian dimana lebih kuat aturannya yang dibuat secara adat. Kenapa tidak di Kabupaten Bandung dilakukan, bukan berarti kita mengadopsi harus jadi subak, tapi aturannya dipakai,” ujarnya.

UNTUK PEMBANGUNAN: Para anggota dewan sedang
melaksanakan dengar pendapat ketika kunjungan kerja ke daerah.

Sementara itu Wakil Pimpinan DPRD lainnya Jajab Rohana mengatakan, kunjungan kerja DPRD ke berbagai daerah merupakan kebutuhan dengan tujuan mencari aturan atau sistem yang sudah diterapkan didaerah lain.

Menurutnya, dengan adanya kunjungan pihaknya bersama dinas bisa mendapat informasi lebih detail. Sehingga, bisa menjadi bahan untuk dibuat aturan serupa atau sistem yang sama.

Salah satu contoh kunjungan DPRD Kabupaten Bandung ke Pontianak, beberapa waktu lalu, dalam rangka mendorong Perda terhadap Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Sebab, di Pontianak Perda ini sudah dilaksanakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan