Kebutuhan Daging Terus Meningkat

BANDUNG – Keberadaan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Kota Bandung Semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat. Bahkan, untuk aktivitas pemotongan selalu mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan, pada 2017 menjelang bulan Ramadan RPH Ciroyom dan Cirangrang menyembelih sebanyak 1.191 ekor sapi. Sedangkan menjelang Idulfitri pemotongan tercatat sebanyak 2.018 ekor.

Selain itu, untuk 2018 kembali mengalami peningkatan ketika jelang ramadan, RPH Ciroyom dn Cirangrang menyembelih sebanyak 1.237 ekor sapi. Sedangkan menjelang Idulfitri menyembelih sebanyak 2.223 ekor sapi.

Untuk proses pemotongan hewan Dinas Peternakan selalu melakukan pengawasan untuk menjaga kualitas daging. Sebab, dengan pemotongan yang benar tekstur maupun rasa dari daging akan enak dimakan dan mudah diolah.

’’Kami selalu berusaha meingkatkan kualitas pelayanan,” kata Elly di Balai Kota Bandung, kemarin (17/10).

Dia menyebutkan, saat ini untuk jumlah pedagang daging di Kota Bandung berjumlah 367 pedagang yang tersebar di 34 pasar. Sementara sampai saat ini harga daging sapi relatif stabil sekitar Rp110.000-Rp120.000 per kilogram.

Untuk itu, Elly mengajak Yana untuk mengunjungi RPH Ciroyom yang berlokasi persis di belakang kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Jalan Arjuna Kota Bandung.

Menanggapi ajakan tesebut, Yana meminta agar diaturkan waktu untuk melihat RPH Ciroyom.

“Insya Allah saya akan datang ke RPH. Saya ingin melihat bagaimana dari hidup sampai proses pemotongan,” kata Yana. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan