Keberadaan LPK Harus Ditingkatkan

NGAMPRAH – Dalam Rangka Kun­jungan Daerah pemilihan (Kundapil) Anggota DPR RI Fraksi Partai De­mokrat Komisi IX, Dede Yusuf Macan Efendi mengunjungi salahsatu lem­baga pelatihan dan keterampilan (LPK) yang ada di daerah ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sekaligus untuk melakukan dialog serap aspirasi, Sabtu (2/6).

Anggota DPR RI Komisi IX Dede Yusuf Macan Efendi mengungkapkan, pihaknya sangat serius memperha­tikan keberadaan Lembaga Keteram­pilan dan Pelatihan. Karena, menurut Dede Yusuf, saat ini banyak LPK-LPK yang berdiri sepi peminat bila di­bandingkan dengan lembaga pen­didikan reguler lainnya. Hal ini, disebabkan LPK yang ada sangat minim fasilitas yang menunjang aktivitas kegiatan kursus.

kundapil-dede-yusuf-2
BINCANG SANTAI: Anggota DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi berbincang santai dengan peserta dari LPK untuk mengetahui kendala dan perkembangannya.

Padahal, lanjutnya, di sisi lain LPK ini berperan untuk turut serta me­nyiapkan sumber daya manusia dalam menjawab tantangan industri yang membuat klasifikasi dalam rekruitmen tenaga kerja yaitu kompetensi.

”Oleh sebab itu kami mendorong kementerian tenaga kerja melalui Direktorat Jenderal pembinaan Pelatihan dan produktivitas (Dirjen Binalattas) terus membantu peng­embangan kualitas LPK-LPK melalui pemberian bantuan program pe­latihan bidang ketenagakerjaan serta pemberian bantuan perala­tahan pelatihan kerja kepada ma­syarakat setiap tahunnya,” kata Dede Yusuf.

Dede Yusuf menjelaskan, salah satu faktor kenapa tingkat pengang­guran di Indonesia masih tinggi, yaitu keterampilan atau kinerja setiap tenaga kerja. Oleh karena itu sangat perlu seorang pengangguran me­ningkatkan kualitas tenaga kerjanya agar tingkat pengangguran berkurang.

Menurutnya, adapun cara yang da­pat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yaitu dengan cara latihan untuk pengembangan profesionalisme tenaga kerja, selain itu dengan mencoba latihan magang di tempat kerja, dan cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yaitu dengan meningkat­kan kualitas pendidikan masyarakat setempat dan juga menyesuaikan bakat yang dimiliki masyarakat dengan usaha baik itu melalui pendidikan formal ataupun kursus-kursus yang di selenggarakan Oleh LPK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan