Kebanggaan Anak Negeri Yang Terkendala Biaya

Menjadi Volunteer pada perhelatan olahraga sepak bola piala dunia bukan perkara mudah. Sebab, untuk proses seleksi saja membutuhkan proses panjang.

Bahkan, persaingan dari orang-orang yang berminat menjadi Voluteer mencapai ratusan ribu yang berasal dari berbagai belahan dunia.

IMAN MULYONO, Bandung

Diawali kecintaanya pada Bahasa Ingris, sejak dudukdi bangku Sekolah Dasar (SD) Gagan Ginanjar pernah meraih juara pada lomba pidato bahasa Ingris.

Pria asal Cianjur ini mengaku, Bahasa Ingris sudah menjadi bahasa kedua setelah Bahasa Indonesia. Sehingga selepas lulus SMA dia memutuskan untuk memperdalam Bahasa Ingris di universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Di UPI dia semakin aktif pada berbagai kegiatan organisasi yang berhubungan dengan bahasa asing, seperti Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris, dan pernah menjadi pimpinan Sidang (Presidium 1) Musyawarah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UPI.

Saya menyadari bahwa dengan menguasai Bahasa Inggris berarti meningkatkan kesempatan masyarakat untuk berkembang sebagai manusia dan juga membuka akses mereka terhadap kehidupan yang lebih baik,’’ ucap Gangan ketika ditemui di UPI kemarin (16/4).

Ketika lulus, dia akhirnya diperbantukan sebagai Dosen di tempat kuliannya dulu. Sedangkan, untuk aktivitas di luar Gangan pernah menjadi Duta Bahasa Jawa Barat.

Selain itu, untuk memberikan akses kepada masyarakat belajar bahasa Ingris dia membuka sistem pembelajaran dengan sistem Daring. Bahkan, melalui www.inggrispedia.com, dia menyediakan web khusus untuk guru bahasa Inggris memberkan privat kepada orang yang mau belajar Bahasa Ingris.

’’Dari web ini saya dapat mendukung orang untuk mem-peroleh penghasilan dan juga mengakomodasi orang lain untuk belajar bahasa Inggris pada saat bersamaan,’’ujar dia.

Pasca lulus, berbagai kompetisi atau perlombaan tinggkat Internasional menghantarkannya meraih prestasi gemilang dengan menyabet gelar finalis The Social Entrepreneur Outreach Accelerator Stockholm, dan pada 2017 memperoleh predikat Top 10 pada ajang Astra Start-Up Challenge, Start-Up World Cup dan Top 25 Pada ajang Swiss Innovasion Challenge.

Atas dasar kecintaannya pada Bahasa Ingris ini Gangan berhasil menorehkan sejarah dengan menjadi orang indonesia satu-satunya men-jadi Voluteer pada perhelatan Federation Internasional of Football Association (FIFA) world Cup 2018 di Rusia.

Tinggalkan Balasan