KBB Targetkan Wisata go Internasional

NGAMPRAH– Kabupaten Bandung Barat menargetkan agar sejumlah pariwisata bisa go Internasional melalui program e-tourism di tahun depan. Salah satunya dengan gencar mempromosikan dengan berbagai macam media agar diketahui bahwa di Lembang memiliki lokasi wisata yang menjadi sorotan dunia. “Kita punya target wisata yang ada di KBB itu bisa go Internasional. Karena kita juga memiliki potensi seperti Bali,” kata Kepala Disparbud KBB, Sri Dustirawati di Ngamprah.

Menurut dia, sejumlah wisata di KBB saat ini sudah banyak dikenal hingga mancanegara. Terbukti, banyak pengunjung dari Malaysia, Singapura dan Eropa yang datang ke Kabupaten Bandung Barat. “Tinggal kita maksimalkan promosi ini agar pengunjung dari luar negeri bisa datang. Kalau sudah go Internasional, maka akan bertambah juga pada pendapatan asli daerah (PAD) kita,” katanya. 

Sri menambahkan, pihaknya juga bakal menggandeng komunitas ekonomi kreatif, himpunan pemandu wisata dan pihak lainnya agar ikut membantu mempromosikan wisata KBB di kancah Internasional. “Tentu pemerintah tidak bisa sendiri dalam mewujudkan ini. Harus ada bantuan berbagai pihak agar bisa dengan cepat sejumlah wisata di KBB dikenal banyak orang,” ungkapnya.

Apalagi, kata dia, saat ini pemilik wisata di KBB terus mengembangkan objek wisatanya dengan berbagai kreativitas untuk menarik minat pengunjung. Begitu juga dengan objek wisata alam seperti Tangkubanparahu, Curug Malela, Gua Pawon yang memiliki keaslian alamnya. “Kita itu punya objek wisata alam dan buatan. Sehingga pengunjung bisa memilih sesuai dengan keinginan,” ungkapnya. 

Bahkan, di tahun 2018, Disparbud Kabupaten Bandung Barat menargetkan 3 juta orang kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Kabupaten Bandung Barat. Hal itu diungkapkan Sekretaris Disparbud Kabupaten Bandung Barat, Cucu Hertika. “Target kami pada tahun depan bisa mencapai 3 juta orang wisatawan. Sehingga bisa menambah pendapatan ke kas daerah. Itu untuk total kunjungan ke seluruh lokasi wisata baik milik pemerintah maupun swasta,” kata Cucu.  

Dikatakannya, saat ini pemerintah daerah tengah fokus membidik pasar wisatawan mancanegara seperti Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Pihaknya pun optimis, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara akan bertambah, mengingat di KBB banyak objek wisata. Selain itu, pihaknya juga gencar melakukan promosi sejumlah objek wisata yang ada di KBB. “Kami mempersiapkan sejumlah terobosan agar tingkat kunjungan semakin banyak. Salah satunya, terobosan yang dilakukan melakukan MoU dengan lembaga seperti BUMN dan BUMD,” jelasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan