Kaum Ibu, Deteksi Kanker Sejak DIni

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menggelar tes deteksi dini kanker le­her rahim dan kanker payudara dengan metoda Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) dan Clini­cal Breast Examination (CBE) yang diikuti oleh puluhan masyarakat di Puskesmas Palabuhanratu, kemarin (3/4).

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Hendra Priatna mengatakan, pemerik­saan massal deteksi dini bertujuan yaitu untuk menurunkan jutaan kematian yang disebabkan oleh Kanker Rahim dan Payudara.

“Salah satu upaya yang perlu kita lakukan ber­sama yaitu dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kanker dan juga mendorong lintas sektor lainnya di luar bidang kesehatan serta individu dan masyarakat diseluruh Kabupaten Su­kabumi untuk berperan dalam mencegah kanker terutama kanker leher rahim dan kanker payudara,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penggerak Pem­berdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sukabumi, Yani Jatnika Marwan menga­jak perempuan-perempuan di wilayah Kabupaten Sukabumi agar rutin memeriksakan organ intim dan payudaranya untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara melalui IVA Test.

“Lebih baik mencegah, jangan sampai sudah stadium tinggi, baru periksa ke dokter. Ibu-ibu jangan ragu untuk memeriksakan diri deteksi dini kanker serviks (leher rahim) dan kanker payudara,” ajaknya.

Yani pun mengatakan bahwa IVA test diperlukan bagi wanita usia 30-50 tahun atau yang sudah menikah untuk deteksi dini Kanker Leher Rahim. “Periksa Payudara Sendiri (Sadari) juga sangat penting untuk dilakukan. Ini perlu dilakukan perempuan sejak usia remaja agar terhindar dari risiko kanker, sehingga bisa ditangani sece­patnya,” pungkasnya.(mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan