73

Kasus Bencana Alam di Sukabumi Meningkat

BENCANA ALAM : Salah satu kejadian bencana alam yang terjadi di Kota Sukabumi, akibat curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan sejumlah pohon di wilayah ini tumbang.

SUKABUMI – Kejadian bencana alam di Kota Su­kabumi awal tahun ini men­galami peningkatan yang cukup signifikan. Terhitung dalam kurun waktu bulan Januari hingga April saat ini ada sekitar 68 kasus bencana alam “Dari data yang kami himpun dari bulan Januari – Maret, ada sebanyak 40 kasus. Sisanya, bulan April saat ini ada se­banyak 28 kejadian akibat cuaca ekstem yang ter­jadi di Kota Sukabumi,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Suka­bumi, Zulkarnain Barhami, kepada Sukabumi Ekspres, Kemarin (6/4).

Adapun rinciannya ada­lah, pada bulan Januari dilaporkan ada sebanyak 15 kejadian. Selanjutnya, bulan Februari sebanyak Sembilan kejadian, dan bulan Maret sebanyak 16 kali kejadian bencana. Sementara, ke­jadian bencana di kuartal pertama tahun ini lebih did­ominasi oleh bencana alam akibat cuaca yang cukup ek­strem. “Selain akibat cuaca ekstrem, bencana lainnya disebabkan tanah longsor, gempa bumi, kebakaran, angin topan dan banjir,”kata dia,” jelasnya.

Zulkarnain mengungkap­kan, dari tujuh kecamatan di Kota Sukabumi. Tiga kecamatan paling rawan terjadi bencana alam, diantaranya Kecamatan Cibeureum, Lembursitu, dan Baros. “Kami berharap masyarakat di tiga kecama­tan itu tetap mewaspadai potensi bencana. Apalagi di tengah musim pancaro­ba saat ini yang diwarnai fenomena cuaca ekstrem,” tandas dia.(ndi)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.