Kartu Tani Mudahkan Transaksi Petani

PUSAKANAGARA– Sebanyak 102 Kartu Tani di Kecamatan Pusakanagara telah dibagikan secara serentak dalam pembagian akhir tahap I gelombang ke 2, kemarin (18/4) di Aula Desa Kalentambo. Kartu Tani tersebut nantinya sebagai alat transaksi pem­belian pupuk bersubsidi di kios yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

PPL Kecamatan Pusakanagara Buki Hermawan mengatakan, adanya kartu tani ini bisa memudahkan petani dalam segi pembelian pupuk dan penggunan­nya. “Ini juga bisa mempermudah pemerintah agar mengetahui penggunaan pupuk bersubsidi yang digunakan petani. Tiap tahun kita buat rencana ke­butuhan pupuk petani, sebagai estimasi kebutuhan pupuk bersubsidi bagi petani, ” kata Buki.

Sampai saat ini, Buki mengakui bahwa kendala yang dihadapinya adalah masih banyak petani yang belum paham dalam penggunaan Kartu Tani ini. Namun, pihaknya juga terus menerus akan memberikan so­sialisasi serta penyuluhan pada petani terkait peng­gunaan kartu tersebut.

Selain itu, Buki juga menuturkan pihaknya belum menemukan permasalahan mengenai kesiapan kios dalam melayani Kartu Tani. Namun dirinya tidak bisa memprediksi kedepannya akan seperti apa. Sebab, dirinya mengakui ada beberapa desa yang hanya memiliki satu kios tani. “Sampai saat ini masalah be­lum ada, tapi gak tahu nanti kalau sudah mulai dipake kartunya” terang Buki

Buki menambahkan, nantinya dalam Kartu Tani itu, petani akan mendapatkan 250 kg pupuk bersubsidi untuk setiap hektarenya. Dari jumlah itu diantaranya NPK sebesar 150 kg, 100 kg SP36, ZA 50 kg dan pupuk organik sebanyak 500 kg.(ygi/dan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan