Karang Taruna Ikuti Bela Negara

PANGALENGAN – Untuk meningkatkan kualitas, Karang Taruna Sekabupaten Bandung menggelar Bimbingan Teknis.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari di Secata Rindam III Siliwangi, oleh  perwakilan ketua atau anggota Karang Taruna dari tiap Kecamatan se kabupaten Bandung.

Sekertaris Karang Taruna Kabupaten Bandung Yanwar menuturkan, kegiatan ini adalah bimbingan teknis yang bersifat outdoor untuk lebih memiliki jiwa kebangsaan.

“Bimbingan Teknis ini dirancang semi militer karena bicara soal militer itu bicara tentang kebangsaan, cinta tanah air dan patriotisme,” ungkap Yanwar (19/12).

Selain itu, mengatakan, pihaknya mengkhususkan untuk bimtek kali ini membahas tentang keorganisasian dan peningkatan kualitas dan kapasitas.

“Dua hari ini cenderung membahas keorganisasian karena untuk meningkatkan kualitas sumber daya Karang Taruna,” ungkapnya.

Yanwar juga mengungkapkan, pihaknya harus membangun lembaga Karang Taruna menjadi lebih baik karena Karang Taruna harus mempunyai kualitas tersendiri.

“Karang Taruna harus mampu berdiri di kakinya sendiri. Selama ini organisasi Karang Taruna hanya hadir pada saat acara 17 Agustus saja, untuk sekarang Karang Taruna harus bisa hadir di kegiatan – kegiatan lain,” kata dia.

Dia menuturkan, Karang Taruna harus bisa hadir di beberapa kegiatan, seperti kegiatan sosial dan kegiatan keagamaan dan bekerja sama dengan lingkungan sekitarnya.

“Karang Taruna harus busa hadir di Kegiatan sosial, seperti santunan anak yatim atau lansia dan juga kegiatan kegamaan, seperti Tabligh Akbar ataupun pengajian rutin”, ungkapnya.

Yanwar juga mengakui, tuntutan masyarakat sekarang kepada Karang Taruna menjadi lebih besar, jadi Karang Taruna harus mempunyai keaktifan tersendiri di kalangan masyarakat sekitarnya.

“Saya harap Karang Taruna di Kecamatannya masing-masing bisa berperan aktif untuk masyarakatnya”, ungkapnya.

“Saya juga berharap setelah bimtek ini kualitas Karang Taruna menjadi lebih meningkat dan Karang Taruna juga harus memiliki usaha sendiri, apalagi sekarang sudah ada BUMDES yang bisa mewadahi”, pungkasnya. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan