Karang Taruna Diminta Gerakan Hal Positif

40
DOK
PERAN POSITIF: Keberadaan karang taruna di KBB diminta untuk mengajak pada hal positif untuk kegiatan sosial masyarakat.

NGAMPRAH- Keberadaan karang taruna di Kabupaten Bandung Barat diminta untuk menggerakan pada hal-hal positif terutama yang berkaitan dengan kegiatan sosial masyarakat. Sehingga peran karang taruna akan dirasakan langsung oleh masyarakat terutama dalam hal pembangunan di daerah. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat Heri Partomo dalam acara Penguatan Kelembagaan Karang Taruna yang diikuti oleh 150 orang dari Karang Taruna Desa dan Forum Karang Taruna Kecamatan di Lembang, baru-baru ini. 

Menurut Heri, kasus tewasnya puluhan orang di Cicalengka Kabupaten Bandung karena mengkonsumsi miras oplosan harus dijadikan pembelajaran oleh karang taruna untuk menghindari hal-hal seperti itu. “Jangan sampai justru karang taruna malah mengajak pada hal negatif. Tapi, harus mengajak hal positif untuk kegiatan sosial masyarakat karena peran karang taruna sangat berdampak di daerah,” ujarnya. 

Bahkan menurut Heri, karang taruna harus mampu mencegah terjadinya korban akibat penyalahgunaan miras oplosan hingga narkoba. Dengan begitu, lingkungan di setiap daerah akan terjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. “Bila melihat fungsi keberadaan karang taruna dibentuk untuk menyelesaikan persoalan PMKS di KBB. Seperti contohnya karang taruna bisa mendata di daerahnya berapa warga yang berhak mendapatkan beras sejahtera (rastra),” paparnya.

Apalagi, sebut dia, saat ini di Kabupaten Bandung Barat akan menghadapi Pilkada Serentak sehingga karang taruna bisa mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk turut serta meningkatkan partisipasi untuk mencoblos dalam menentukan pemimpin lima tahun ke depan.
“Hadirnya karang taruna juga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi dalam memilih,” ujarnya. 

Dikatakan Heri, sebelumnya Bupati Bandung Barat Abubakar juga sudah mengeluarkan surat edaran bahwa kepala desa diminta untuk melakukan pembinaan terhadap karang taruna dengan anggaran besar yang tersedia dari Dana Desa. “Termasuk dalam menguatkan peran karang taruna tidak hanya dari dinsos melainkan dari dinas pemuda dan olahraga dan kesbangpol,” ungkapnya.

Sementara itu, keberadaan karang taruna di Kabupaten Bandung Barat mulai bermunculan dengan berbagai prestasi membanggakan. Hal itu dibuktikan dengan berbagai aktivitas karang taruna yang mampu mengembangkan potensi desa. 

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial KBB, Dewi Nur Anggraeni menyatakan, beberapa karang taruna desa di KBB saat ini pun sudah bisa mandiri secara ekonomi dengan menjual berbagai karya. Di antaranya, Karang Taruna Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah yang membuat berbagai kreasi dari bambu serta lukisan. “Bahkan karang taruna desa di Sindangkerta ada yang sudah bisa memasarkan produk madu hingga ke luar negeri secara online,” ujarnya.(drx)

~ads~
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.