Kapolri Pantau Arus Balik Pemudik

PURWAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengunjungi Pos Terpadu Cikopo, Purwakarta. Kedatangannya untuk mengantisipasi gangguan arus balik di jalur Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta. Dalam pemaparannya, Tito mengatakan di wilayah Jawa Barat ada beberapa hal yang pataut menjadi perhatian. Di antaranya kurangnya toilet bagi pemudik di Tol Cipali.

Untuk itu Tito meminta jajaran Polda Jabar berkoordinasi dalam menambah toilet di tiap-tiap tempat peristirahatan yang ada. ”Tidak hanya Tol Cipali, disepanjang jalur Tol disetiap rest area ditambah toilet,” ujarnya.

Tak hanya itu, Tol Cikampek khususnya di Cikarang Utama juga tak lepas dari perhatian. Menurut Tito daerah tersebut akan menjadi tempat bertemunya kendaraan dari Tol Purbaleunyi sampai dengan Cipali dan masuk ke Cikarang Utama.

”Kita tidak bisa menyakinkan 100 persen puncaknya pukul berapa dan dimana karena semuanya tergantung situasional, namun titik-titik rawan sudah kita indentifikasi termasuk dari daerah jalur selatan Tasik menuju Bandung,” ujarnya.

Sementara untuk daerah Banter dan Jakarta titik rawan kemacetan akan terjadi dari Merak menuju Jakarta. Pintu Tol Keranggan menjadi pintu tol penting, sebab saat ini arus kendaraan mulai masuk.

Tito juga mengingatkan jajarannya untuk mewaspadai pintu Tol Kebun Jeruk dan pintu yang masuk ke dalam jalan layang dalam kota di daerah Kemang.

“Yang lain juga kita antispiasi adalah lonjakan penumpang menggunakan transportasi udara Bandara Soekarno Hatta, sebab itu akan berakibat terhadap Tol Bandara Soekarno Hatta yang bisa padat, kita waspadai disetiap pintu agar arus lancar termasuk Stasiun dan Pelabuhan juga kita waspadai,” pungkasnya. (gun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan