Kang Pisman Kembangkan Website dan WhatsApp

BANDUNG – Untuk terso­sialisasi lebih luas program Kang Pisman rencananya akan membuat website dan Whats­App khusus, sebagai sarana media publikasi dan informasi mengenai inovasi tersebut.

Direktur Umun PD Kebersi­han Kota Bandung Gun Gun Saptari Hidayat mengatakan, aplikasi kang Pisman tersebut dikembangkan sendiri olah tim relawan Balad Kangpisman. Kedua media komunikasi itu direncanakan akan mulai be­roperasi Desember mendatang.

Menurutnya, kang pisman merupakan program peng­elolaan sampah yang saat ini tengah digencarkan oleh Pemerintah Kota Bandung. Kang pisman adalah kepen­dekan dari Kurangi-Pisahkan-Manfaatkan.

”Kita targetkan website Desember sudah sempurna. Kalau WhatsApp Center minggu depan insya Allah launching,” ujar Gun Gun yang juga Ketua Tim Rela­wan Balad Kangpisman Ketika ditemui di Balai Kota kemarin. (15/11).

Menurutnya, website itu nantinya menampilkan ber­bagai macam materi sosia­lisasi dan edukasi, mulai dari pengertian Kangpisman, tata cara pemilahan dan pengolahan sampah, hing­ga titik-titik lokasi bank sampah terdekat.

Sementara itu, lanjut dia, keberadaan WhatsApp (WA) Center akan bersifat lebih interaktif. Sebab, warga nanti­nya bisa mendaftar menjadi Balad Kangpisman melalui aplikasi pesan tersebut.

Bahkan, melalu WA Warga akan mendapatkan infor­masi secara berkala.

”Bagi warga Bandung yang memang nyaah ka Bandung mau jadi balad Kang pisman bisa daftar di WhatsApp Cen­ter, media informasi kita juga untuk edukasi. Terma­suk juga nanti kalau ada lomba-lomba, kuis, nanti lewat WhatsApp Center ini,” imbuh Gun Gun.

Dia mengatakan, balad kang­pisman mengembangkan kedua media informai terse­but untuk menyasar gene­rasi milenial. Generasi ini dipandang dapat menjadi pemberi pengaruh bagi seg­men masyarakat lainnya.

Kendati begitu, Balad Kang­ pisman yang terdiri dari unsur pemerintah dan relawan ini tetap menginformasikan ke seluruh lapisan masyarakat.

”Sebetulnya kalau Whats­App semuanya juga pakai kan. Gayanya ke anak muda, tapi sebetulnya semua kena,” katanya.

Aktivasi pertama yang akan dilakukan oleh Balad Kang pisman untuk memperkenal­kan WhatsApp Center kepada khalayak adalah dengan meng­gelar lomba foto. Warga akan diajak untuk memperlihatkan cara mereka memilah sampah di rumah masing-masing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan