Kang Hasan Ingin Petani Mukti

CIAMIS — Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Tubagus Hasanuddin melakukan ke kelompok tani di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, kemarin (2/4). Pria yang akrab disapa Kang Hasan ini pun ikut turun ke sawah menanam padi ”Nandur” dan ”Ngagarit” (menggaris pola tanah) bersama sejumlah petani.

Kang Hasan mengaku, mempunyai latar belakang petani. Bahkan, hal itu dia buktikan dengan masih luwesnya dia menanam satu demi satu bibit padi. Termasuk ketika nggarit sawah.

Menyikapi hal itu, Kang Hasan mengaku, akan mewujudkan kemakmuran petani di Jawa Barat melalui program Jabar Seubeuh. Menurut dia, program itu digulirkan untuk fokus terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kalangan bawah seperti petani dan nelayan.

Teknisnya untuk petani, kata dia, salah satunya dengan mensubsidi setiap kebutuhan para petani mulai dari pupuk, sarana pertanian hingga bibit tani.

”Petani di Jawa Barat harus mukti, setidaknya petani harus mempunyai kehidupan yang layak dan kebutuhan hidupnya tercukupi,” papar Hasan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, kemarin.

Dia memaparkan, akan menjaga kestabilan harga pangan seperti beras. Ini menjadi salah satu upaya membuat para petani untung dan beras tetap mampu terbeli oleh masyarakat. Menurutnya, Seringkali, harga jual beras petani justru rendah. Sehingga menyebabkan petani merugi.

Teknis untuk menyerap dan menyetabilkan harga tersebut, dia berencana mengoptimalkan peran Bulog sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menampung hasil panen para petani saat hasilnya melimpah. Termasuk menjualnya saat panen tidak memuaskan. Cara tersebut, lanjut Hasan, akan efektif menjaga kestabilan harga beras.

”Bulog harus hadir untuk membeli dengan harga yang layak, lalu disimpan. Kemudian, ketika paceklik tiba, baru beras dijual maka harganya stabil,” paparnya.

Selain Jabar Seubeuh, Kang Hasan sempat memaparkan 7 program unggulan lainnya kepada para petani. diantaranya, Bogagawe, Jabar Cageur, Imah Rempeg, Sakolgratis, Turkamling dan Budaya serta Molotot.com.
Sembari makan bersama para petani di tengah sawah, Hasan juga mendengarkan setiap keluhan dan permasalahan yang dihadapi para petani di daerah tersebut. Masih di tempat yang sama, Hasan melanjutkan kunjungannya ke Gedung Pepabri Kabupaten Ciamis untuk Bersilaturahmi dengadengan para Purnawirawan TNI dan organisasi masyarakat di Kabupaten Ciamis. (rls/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan