Kampung KB Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

BANDUNG – Program Kampung KB menjadi ikon Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung.

Setelah lebih dari 2 tahun program kampung KB dicanangkan oleh presiden Joko Widodo, diharapkan tidak berhenti hanya sampai pencanangan saja tetapi benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat di kampung KB tersebut.

Untuk itu maka pemerintah melalui DPR RI Komisi IX yang membidangi hal ini turun langsung ke kampung KB. Seperti yang dilakukan oleh Ir. Ichsan Firdaus wakil ketua komisi IX DPR RI yang mengunjungi Desa Pasir Laja, kec. Sukaraja Kab. Bogor, Jumat (7/9). Tujuannya untuk melihat perkembangan program kampung KB di desa Pasir Laja yg sudah terintegrasi kampung KB. Sekaligus terus mensosialisasikan serta membantu program di kampung KB.

“Program KB harus berjalan secara masif dan terencana agar anggaran yang sudah disediakan bisa tepat guna dan tepat sasaran,” ujar Ichsan Firdaus

Acara yang dilaksanakan oleh BKKBN Prov. Jawa Barat dihadiri oleh Drs. Rusman Taufik, MSi dan Elma Triyulianti, SPSi, MM.

Menurut Elma Triyulianti, BKKBN sangat mendukung sekali dengan adanya program kampung KB, dimana seluruh program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bisa dilaksanakan secara menyeluruh. Jadi bukan hanya bicara tentang alat kontrasepsi saja tetapi juga bagaimana memperhatikan perkembangan balita dengan adanya program BKB (bina keluarga balita), remaja dengan program PIK Remaja/mahasiswa, lansia dgn program Bina Keluarga Lansia (BKL) serta bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera).

Komisi IX DPR RI akan terus bersinergi dgn BKKBN untuk sama sama mendukung suksesnya program Kampung KB untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera.

Selain memberikan pencerahan untuk perkembangan pengetahuan masyarakat dgn program Kampung KB pada acara tersebut jg dibagikan doorprice berupa TV, kompor Gas, rice cooker, jam dinding, Smartphone, serta sepeda. (mg3)

Tinggalkan Balasan