Kampung KB: Sarana Pemerintah Distribusikan Kesejahteraan

SUKABUMI – Angka pertumbuhan ekonomi seringkali bersifat fluktuatif. Meski kini pemerintah dituding sedang kesulitan untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi, namun dalam beberapa momentum angka pertumbuhan ekonomi kita pernah menyentuh capaian yang melewati ekspektasi.

Namun bila ditelisik lebih dalam, permasalahan klasik yang dari dulu terjadi justru terletak pada distribusi pertumbuhan itu sendiri. Hal inilah yang dianggap jadi ‘biang kerok’ sulitnya mewujudkan pemerataan pembangunan.

Adanya fakta demikian menjadi latar belakang pemerintah menginisiasi dan terus menggalakan program Kampung KB.
“Program Kampung KB ini sengaja diciptakan untuk menyasar daerah-daerah yang jauh dari akses kesejahteraan. Harapan kami, setelah dibentuk Kampung KB, tidak ada lagi kekumuhan, kemiskinan, dan berbagai persoalan sosial lainnya”, tutur Rukman Heryana saat menghadiri acara Kampung KB di desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (8/9).

Mantan Kepala BKKBN Provinsi Jawa Barat yang kini aktif menjadi aktivis KB ini mengingatkan masyarakat bahwa kemampuan program Kampung KB guna menjadi sarana pembangunan masyarakat akan sangat bergantung pada komitmen masyarakat di daerah Kampung KB itu sendiri.

Turut hadir pada acara tersebut Ribka Tjiptaning dan Kasi Adpin DPPKB Kabupaten Sukabumi, Unang Suhendi.

Ribka, yang hadir dalam statusnya sebagai anggota komisi IX DPR RI tersebut menegaskan bahwa Kampung KB adalah wujud konkrit dari komitmen pemerintah menggalakan kembali program KB.

“Program ini bukan hanya sekedar program revitalisasi KB semata. Lebih dari itu, ini adalah program prioritas pembangunan. Kami (Anggota DPR RI) dan pemerintah sadar betul bahwa untuk memajukan daerah-daerah tertinggal perlu ada kerja berbagai sektor”. Ia juga menjelaskan, bahwa Kampung KB adalah wahana strategis yang bisa menyediakan ruang kerja sama sinergis berbagai pihak yang memiliki kewenangan untuk menyediakan kesejahteraan untuk masyarakat.

Acara yang berlangsung sejak pagi ini akhirnya ditutup dengan meriah. Panitia memberikan oleh-oleh memorial berupa pemasangan plang, mural, dan branding yang diharap bisa menjadi pengingat pentingnya keluarga berencana. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan