Kader JKN Menjadi Ujung Tombak Sosialisasi Mobile JKN Kepada Peserta JKN-KIS

CIMAHI – Implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini memasuki tahun ke-5 sejak dimulai 1 Januari 2014. Berbagai inovasi khususnya terkait peningkatan kualitas layanan kepesertaan pun terus dikembangkan BPJS Kesehatan. Salah satunya melalui peluncuran aplikasi Mobile JKN.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk  meningkatkan penggunaan Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cimahi memperkenalkan dan mensosialisasikan kembali penggunaan dan manfaat Aplikasi Mobile JKN dalam rangkaian kegiatan evaluasi rutin Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Cimahi. Bertempat di ruang rapat, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, serta beberapa orang staf, Rabu (04/07).

“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi BPJS Kesehatan untuk memberikan informasi secara langsung kepada peserta melalui Kader JKN yang kami miliki, khususnya tentang penggunaan dan manfaat aplikasi Mobile JKN,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cimahi Yudha Indrajaya.

Yudha menambahkan, selain fitur kartu KIS Digital ada berbagai fitur yang dapat diakses peserta JKN-KIS pada aplikasi Mobile JKN. Di antaranya adalah pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta (Nomor Handphone, Alamat Email, Alamat Rumah, FaskesTingkat Pertama, dan Kelas Perawatan), cek jumlah tagihan untuk peserta PBPU, cek riwayat kesehatan hingga tersedianya  menu screening riwayat kesehatan peserta.

“Mobile JKN merupakan bentuk inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta JKN-KIS. Selain itu Mobile JKN juga merupakan bentuk transformasi digital dari BPJS Kesehatan yang sebelumnya kegiatan administratif dilaksanakan secara langsung dan tatap muka di kantor cabang/kantor kabupaten, dirubah kedalam bentuk aplikasi yang dapat diakses peserta JKN-KIS dimana saja dan kapan saja bahkan pada saat peserta mau berobat dan kebetuan lupa membawa kartu JKN-KIS maka peserta tidak usah bingung, karena dapat membuka Aplikasi Mobile JKN menu KIS Digital,” tutup Yudha. (dh)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan