Jurnalis Lakukan Aksi Galang Dana

CIMAHI – Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban gempa dan tsunami Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jurnalis dari berbagai media di Kota Cimahi mengadakan aksi solidaritas kegiatan penggalangan dana.

Penggalangan dana tersebut dilakukan di lingkungan Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi dan dilanjutkan pada malam hari di Alun-alun Kota Cimahi, Selasa (2/9)

Ketua Pelaksana kegiatan aksi solidaritas, Edwan Hadnasyah mengatakan, kegiatan tersebut digelar karena ingin mewujudkan rasa empati sebagai jurnalis dan mengajak masyarakat untuk membantu para korban.

“Untuk penggalangan dana kita secara bersama-sama ke sejumlah instasi yang ada di Kota Cimahi. Alhamdulillah sampai sore ini kita bisa mengumpulkan uang kurang lebih Rp 10.094.000 itu belum diakumulasikan dengan kegiatan pada malam hari,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD Kota Cimahi, Selasa (2/9).

Selain penggalangan dana, dalam acara itu juga diadakan lelang foto jurnalistik tentang bangunan heritage yang ada di Kota Cimahi. Yang hasil dari lelang tersebut juga akan disumbangkan.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan galang dana, Nur Aziz mengatakan, kegiatan ini juga untuk mengingatakan masyarakat untuk waspada terkait dengan ancaman sesar Lembang di Kabupaten Bandung Barat yang bisa memicu gempa.

“Karena saat ini sesar lembang mulai bergerak, jadi sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan penduduk di wilayah Bandung Raya,” katanya.

Setidaknya, lanjut Aziz, dengan acara ini juga masyarakat bisa ikut berempati dan dapat menyisihkan sebagaian hartanya untuk membantu sesama.

“Selain penggalangan dana kita juga melakukan doa bersama untuk para korban di sana,” singkatnya.

Pada acara puncak kegitan tersebut juga dihadiri sejumlah stakeholder dan pejabat dari Pemerintah Kota Cimahi, termasuk Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatana dan Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana.

“Nantinya sumbangan ini, akan kita salurkan ke Donggala dan Palu melalui instansi resmi untuk diberikan ke para korban gempa dan tsunami,” katanya.

Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, merasa prihatin dengan adanya kejadian tersebut, sehingga pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi untuk membantu para korban.

“Bantuan apapun itu yang diberikan, mau sedikit atau banyak yang penting kita ikhlas. Sehingga kita bisa meringankan beban saudara-saudara kita disana,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan