21

Job Fair Klaim Kurangi Pengangguran

BANYAK PEMINAT: Ratusan pencari kerja memadati acara Job Fair yang di adakan Unpad Bandung untuk mencoba peluang lowongan kerja.

SOREANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bandung akan menggelar job fair dengan jumlah lo­wongan pekerjaan untuk ribuan orang. Job fair ini diselenggarakan Dari Tang­gal 12-14 Desember 2019 mendatang.

”Kami akan memperte­mukan antara pemberi kerja dan pencari kerja. Itu tiap tahun kami lakukan dan untuk tahun ini diselengg­garakn dengan skala besar dengan jumlah lowongan kerja 1.803 orang,” kata Ka­disnaker Kabupaten Bandung Rukmana kepada wartawan di Soreang, ke­marin (5/12).

Menurutnya, angka peng­angguran di Kabupaten Bandung naik dibanding tahun sebelumnya. Hal itu terjadi diakibatkan oleh krisis ekonomi, PHK, diru­mahkan dan lainnya.

”Kita genjot terus dega job fair supaya jumlah pengang­guran berkurang,” akunya

Sementara itu, Sekertaris Disnaker Kabupaten Bandung Yosep Nugraha mengungkapkan jumlah pengangguran di Kabupaten Bandung pada tahun 2017 sekitar 3,92 persen.

”Prediksi tahun ini sekira 5 persen, karena ada ber­bagai macam dinamika di lapangan. Kita berupaya untuk menekan jumlah pengangguran dengan ber­bagaimacam cara, selain pemberdayaan angkatan kerja kita temukan pengu­saha yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pekerja yang mencari kerja melaui bursa kerja yang akan dilaksanakan selama tiga hari. Ini salah satu solusi dari kami,” ungkapnya.

Yosep menjelaskan, seba­nyak 1.803 lowongan pe­kerjaan itu berasal dari 58 perusahaan. ”Kami bukan sekedar menginginkan me­reka bekerja di sektor formal menjadi pekerja, tapi kita juga menginginkan mereka menjadi tenaga kerja man­diri, harus menjadi enter­preneur tidak harus semua bekerja di perusahaan,” tururnya.

Yosep juga menerangkan, faktor penyebab peningka­tan jumlah angka pengang­guran diakibatkan oleh berbagai macam hal. ”Ba­nyak faktor, di antaranya pendidikan dengan kebu­tuhan kerja, keahkian dan kebutuhan kerja. Sebagian besar pengangguran ini lu­lusan SMK, yang seharusnya menjadi jaminan kompe­tensi berarti imi afa yang tidak relevan antara pendi­dikan pokasi di SMK dengan pasar kerja yang dibutuhkan di Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Lowongan pekerjaan yang disediakan Disnaker Kabu­paten Bandung dari berba­gai bidang pekerjaan. ”Ma­cam-macam dari tingkat manajemen sampai opera­tor, bahkan ada lowongan kerja gueu untuk yayasan pendodikan swasta,” ujarnya.

”Kami menyelenggarakan bursa kerja ini semoga da­pat menyerap penganggu­ran semaksimal mungkin,” pungkasnya (rus/yan)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.