JK Nekat Naik Tiang Bendera

JAKARTA – Video aksi heroik seorang bocah SMP yang memanjat tiang bendera viral di media sosial. Sang bocah memanjat lantaran tali yang digunakan untuk mengibarkan sang saka Merah Putih tersangkut di bagian atas tiang bendera.

Dalam video itu digambarkan tengah berlangsung proses pengibaran bendera. Namun, saat sang saka merah putih akan dikibarkan di tiang bendera, tiba-tiba tali pemintas tak bergerak lantaran tersangkut di ujung tiang alias keluar dari as roda.

Tanpa pikir panjang, bocah bernama Yohanes Andigala alias Joni Kala (JK) ini tiba-tiba keluar dari barisan paduan suara acara tersebut. Dia kemudian memanjat tiang bendera yang cukup tinggi.

Siswa SMPN I Silawan Desa di Motoaain, NTT, ini menaiki tiang tanpa rasa takut sedikit pun. Kedua kakinya merekat erat tiang yang terbuat dari besi. Meski tiang terlihat bergoyang, dia tetap terus naik hingga mencapai puncak.

Usai membetulkan tali ke posisi semula, dia lantas turun dari tiang. Tepukan berbondong-bondong pun terdengar dari peserta upacara yang menyaksikan aksi heroik JK.

Kepala Desa Silawan Ferdi Mones membenarkan kejadian itu. Menurut dia, upacara bendera itu berlangsung di Desa Silawan, NTT yang termasuk daerah tapal batas NKRI. ”Anak itu sebagai pahlawan,” ujar Ferdi seperti diberitakan Liputan6.com kemarin (17/8).

Dia menilai, pahlawan layak disematkan kepada anak tersebut lantaran telah menyelamatkan wajah Indonesia di tapal batal NKRI. Saat itu, proses upacara bendera disaksikan pejabat daerah dan delegasi negara perbatasan. ”Di samping menyelematkan bendera, juga menyelamatkan wajah NKRI di tapal perbatasan,” ujar dia.

Aksi JK pun mendapat tanggapan beragam, namun rata-rata memberikan apresiasi dari warga netizen. Akun Facebook Ika Silalahi misalnya, memposting video anak itu.

“Jangan pernah anggap dirimu kecil dan tidak berguna. Anak kecil dari Atambua ini memanjat tiang bendera untuk mengambil bagian tali yang terlepas saat bendera dibentangkan.

Apapun yang terjadi Merah Putih harus tetap berkibar!!

Dirgahayu negeriku,” tulis caption akun Facebook Ika Silalahi. Hingga pukul 21.00 sudah 318 ribu netizen yang membagikan video tersebut.

Tinggalkan Balasan