Jalur Trayek Angkot Bertambah

 CIMAHI – dalam waktu de­kat jalur trayek angkutan kota (Angkot) di Kota cimahi akan bertambah. Sebab, Dinas Perhubungan (Dishub) telah menyiapkan rute trayek baru yang belum tersentuh layanan transportasi umum.

Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, pihaknya mem­persiapkan trayek angkutan umum trayek Citeureup-Cimindi.

Trayek ini melintasi Pasar Citeureup (Pasar Kuda), ma­suk lewat Jalan Kamarung, Jalan Permana, Jalan Sukara­sa, Jalan Ciawitali, Jalan De­mang Hardjakusumah, Jalan Jati Serut, Jalan Pesantren, Jalan Amir Mahmud dan ma­suk ke Terminal Cimindi.

”Rencananya kita akan la­kukan uji coba pada awal tahun 2019 pada triwulan kedua,” katany ketika ditemui kemarin, Kamis (29/11).

Menurutnya, penambahan jalur trayek ini dirasakan sangat dibutuhkan masy­arakat untuk mobilitas da­lam kebutuhan sehari-hari. Seperti saat mereka hendak mengurus dokumen ke kan­tor pemerintahan yang saat ini belum tersentuh angku­tan umum.

”Kami ingin menampung apsirasi masyarakat khusus­nya yang terkena dampak pembukaan trayek baru ter­sebut,” ujarnya.

Namun untuk rute yang akan dilintasi angkot tersebut, Ranto mengaku, masih ada jalan yang memang perlu untuk diperlebar, seperti ja­lan Kamarung dan Encep Kartawiria. Untuk itu, pi­haknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Pena­taan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi,” jelasnya.

Ia menuturkan, rencana pengembangan trayek per­kotaan ini, dilakukan dengan tidak menambah jumlah armada yang sudah ada di Kota Cimahi, tetapi hanya mengalihkan atau mendistribusikan seba­gian armada di trayek lokal yang sudah eksis.

Sementara jumlah angkutan umum atau angkot di Kota Cimahi saat ini mencapai 403 angkot, namun sudah tidak sesuai dengan jumlah trayek yang ada di Kota Cimahi.

”Sedangkan, jumlah trayek di Kota Cimahi saat ini hanya ada tiga, yakni trayek Cimin­di-Pasar Antri, Cibeber-Pasar Antri via Contong dan Cibeber-Pasar Antri via Leuwigajah,” pungkasnya. (ziz/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan