Jalin Kerjasama dengan Empat Perguruan Tinggi

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung menja­lin kerjasama dengan empat perguruan tinggi dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan serta Peng­abdian kepada Masyarakat di Kabupaten Bandung.

Keempat perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Bale Bandung (Unibba), Uni­versitas Bina Sarana Informa­tika (BSI), Akademi Kepera­watan (Akper) Bhakti Ken­cana Bandung dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK­ES) Rajawali Bandung.

Penandatanganan kerja­sama dilakukan Wakil Bu­pati (Wabup) Bandung Gun Gun Gunawan, dengan Nasep Rachmat, (Rektor Unibba), Purwadi, (Rektor Universitas BSI), Sri Mulyati Rahayu (Di­rektur Akper Bhakti Kencana) dan Tonika Tohri, (Ketua STIKES Rajawali) di Bale Wi­naya Soreang, Rabu (28/02).

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, untuk lebih meningkatkan Indeks Pembangunan Manu­sia (IPM) serta selaras dengan salah satu fokus pembangunan yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung terus meningkat dan menjadikan­nya tertinggi di Jawa Barat.

Hal ini, terjadi karena ada keterlibatan dan kerjasama dengan seluruh elemen ma­syarakat khususnya lembaga-lembaga pemerintahan, sekolah tinggi atau univer­sitas berkontribusi terhadap peningkatan IPM di bidang pendidikan, kesehatan, daya beli dan kesejahteraan,” kata Gun Gun.

Kerjasama tersebut, bertu­juan untuk melakukan per­siapan dalam rangka mewu­judkan pelaksanaan kerja­sama daerah secara optimal, terintegrasi dan terpadu.

“Jangan sampai kerjasama ini sebatas tanda tangan tanpa ada tindak lanjut, ber­hasil atau tidaknya bisa di­kontrol dengan meneliti ke lapangan,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Unibba, Nasep Rachmat, mengatakan kerjasama ini sangat strategis karena sesuai dengan Tri Dar­ma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan serta Pengab­dian kepada Masyarakat.

“Jika mengacu pada Tri Darma perguruan tinggi tentu akan dititikberatkan pada poin pendidikan, yaitu memberikan sesuatu kepada masyarakat dari yang tidak bisa menjadi bisa. Mudah-mudahan kesepakatan ker­jasama ini akan berjalan dengan lancar, tertib, aman dan berhasil kedepannya,” pungkasnya. (rus/yan)

Tinggalkan Balasan