Jalan Demang H Dijadikan Tempat CFD

CIMAHI– Pemerintah Kota Cimahi mulai memberlaku­kan Car free Day (CFD) di­sekitar Jalan Demang Hard­jakusuma tepatnya disekitar kawasan kantor Pemkot Ci­mahi. Ruas jalan utama yang menghubungkan Cihanjuang dengan Ciawitali menuju Citeureup itu ditutup mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB dengan tujuan agar masy­arakat bisa melakukan akti­vitas ditempat tersebut.

Selama penutupan, pemerin­tah mengalihkan kendaraan dari Citeureup yang akan menuju Cihanjuang dan Se­tiabudhi, Kota Bandung dia­lihkan melalui Jalan Amir Machmud. Sehingga pengen­dara harus memutar arah dengan jarak yang cukup jauh.

Namun tak sedikit pengali­han jalur lalu lintas tersebut akhirnya dikeluhkan oleh sebagian masyarakat peng­guna kendraan yang biasa melewati jalur tersebut.

”Saya rumah di Jalan Citeu­reup, kalau mau ke Setiabudi, ke Jalan Pesantren atau ke Cimindi, itu perlu memutar ke Jalan Amir Machmud. Ya pasti jadi lebih jauh dan lama lagi,” tutur Prilatama, 27, warga Citeureup, Cimahi, dilokasi CFD, Minggu (25/11).

Kendati demikian, dia me­maklumi kondisi kemacetan dan penutupan jalan tersebut yang tidak terjadi setiap hari. ”Ya memang wajar juga se­betulnya, karena seminggu sekali. Di Bandung dan dae­rah lain juga kan begitu,” te­rangnya.

Berdasarkan pantauan, di lokasi CFD petugas memasang spanduk melintang di ruas jalan Demang sebagai pem­beritahuan kegiatan. Terlihat juga personil Dishub-Dinas Pol PP dan Damkar Kota Ci­mahi, Polres Cimahi serta Kodim 0609/Kab. Bandung mengarahkan pengendara untuk melintasi ruas jalan lain.

Plt. Kepala Dinas Perhu­bungan Kota Cimahi Rus­wanto mengatakan, pengak­tifan CFD didasari kebutuhan Kota Cimahi akan sarana dan ruang terbuka bagi masyara­kat. ”Terpenting itu masyara­kat dapat mengurangi peng­gunaan kendaraan bermotor, itu juga untuk meningkatkan kualitas udara sambil mem­beri fasilitas aktivitas fisik,” ujarnya.

Menurut Ruswanto, pelaks­anaan CFD ditetapkan langsung berdasarkan perintah Wali­kota Cimahi Ajay M. Priatna. Selain itu pemberlakuan CFD juga dilaksanakan setelah pi­haknya melakukan studi ban­ding pelaksanaan CFD ke Kota Bandung hingga Kota Bogor sebagai bahan evaluasi dan peningkatan kualitas.

Tinggalkan Balasan