Jabar Raih Parasamia Purnakarya Nugraha

BANDUNG – Pemerintah provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendapatkan penghargaan Parasamia Purnakarya Nugraha dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kinerja pemerintah daerah yang dinilai baik dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, penghargaan tersebut diraih karena mendapat penilaian tertinggi atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dalam pelaksanaan pemerintah dan pembangunan selama tiga kali berturut-turut sejak 2015, 2016 dan 2017. Sebelumya, penghargaan tersebut terlebih dahulu didapat Pemprov Jawa Timur.

“Kita bersyukur diberi hadiah tertinggi dari presiden. Ini kado meninggalkan Gedung Sate, kado tidak ngantor di Gedung Sate,” kata Aher -sapaan Ahmad Heryawan- di Bandung (12/04).

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengaku mengapresiasi penghargaan yang diraih Pemprov Jabar. Menurutnya, penghargaan diraih karena adanya kerja keras seluruh stakeholder pemerintah maupun masyarakat yang terus mengiringi pembangunan di Jawa Barat.

“Saya yakin kebersamaan dalam pembangunan di Jawa Barat ini adalah salah satu penilaian yang didapat oleh gubernur jawa barat untuk prestasi yang tertinggi ini,” kata Ineu.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono mengungkapkan, Parasamia Purnakarya Nugraha adalah penghargaan tertinggi yang diraih Pemprov Jabar karena penghargaan lainnya terbilang parsial. Jawa Barat dinilai mampu membuktikan kinerja terbaiknya selama tiga tahun berturut-turut hingga mendapat penghargaan tersebut.

“Ini dihitung berdasarkan 700 indikator dan seluruh performance Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kepemimpinan daripada seorang Aher,” kata Sumarsono.

Dikatakan dia, Pemprov Jabar secara konsisten memberi prestasi positif dalam setiap pembangunan yang dilakukan. Untuk itu, pemerintah pusat mengganjar Pemprov Jabar dengan penghargaan tersebut karen berhasil mengalahkan Pemprov Jatim yang telah lebih dulu mendapatkan penghargaan tertinggi dari presiden. ”Penghargaan diberikan nanti tanggal 25 April pada hari otonomi daerah oleh Presiden di Istana Negara, satu-satunya provinsi,” kata dia. (mg1/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan