Jabar Dapat Penghargaan di Hari Konsumen

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov) jabar meraih penghargaan sebagai salah satu Pemerintah Provinsi yang memiliki kepeduli terhadap Perlindungan Konsumen terbaik.

Penghargaan diberikan bertepatan pada perayaan Hari Konsumen Nasional di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, pada Selasa (24/4/18). Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Dalam siaran persnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat M. Arifin Soedjayana hadir langsung menerima penghargaan tersebut atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Atas nama masyarakat Jabar, kami mengucapkan syukur atas prestasi ini, karena yang kami kerjakan dalam rangka perlindungan konsumen ini adalah amanat dari UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen  serta UU No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan terkait barang K3L (Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup),” kata Arifin dalam rilis yang di sampaikan redaksi Jabar Ekspres kemarin (24/4).

Dia menuturkan, salah satu aspek yang menguatkan Pemprov Jabar mendapatkan penghargaan ini adalah karena telah memiliki Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di 16 kota/ kab di Jawa Barat yang aktif.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, tantangan ekonomi pada era digital perlu menjadi perhatian pemerintah daerah. Sebab, keberadaan produk sudah tentu akan dipasarkan ke konsumen diseluruh daerah. Sehingga, sudah selayaknya pemerintah daerah hadir untuk memberikan perlindungan kepada konsumen.

“Melalui Hari Konsumen Nasional, kami mendorong agar konsumen teliti sebelum membeli dan mengutamakan produk-produk dalam negeri,” tutup Enggar. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan