Intitusi Pemeritah Harus Jaga Netralitas

SOREANG – Komisioner Ba­waslu Kabupaten Bandung Komarudin menghimbau ke­pada seluruh intitusi pemerin­tah untuk menjaga indepe­densi pada pemilu 2019. Sebab, netralitas Merupakan, bagian penting dalam menyukseskan ajang pesta demokrasi.

”Kami dari Bawaslu akan mela­kukan kerjasama dengan para pihak baik itu instansi pemerin­tah maupun lembaga (vertikal) lain yang ada didaerah untuk mensukseskan pemilu 2019 mendatang,” kata Komarudin saat di wawancara melalui te­lephone seluler, kemarin. (11/11).

Saat ditanyai apakah Bawaslu sudah menemukan ketidaknetralan lembaga pemerintah di Kabupaten Bandung me­masuki tahapan kampanye Pemilu, Komarudin menegas­kan sejauh ini jajaran Bawaslu Kabupaten Bandung belum mendeteksi adanya hal tersebut.

Komarudin juga mengungkap­kan, adanya sinergitas antara Bawaslu Kabupaten Bandung dengan lembaga pemerintahan tiada lain untuk meminimalisir agar setiap institusi tersebut tidak menjadi alat untuk kampanye pihak tertentu.

”Hal ini merupakan upaya untuk mencegah kemungkinan mengingat adanya calon calon legislatif atau presiden yang se­cara struktural mereka datang dari lembaga lembaga atau in­stansi pemerintahan,” ungkapnya.

Komarudin juga berharap agar pimpinan lembaga pe­merintahan tidak berpolitik praktis hingga melakukan penggiringan suara. Apalagi secara fungsi merupakan in­stansi melayani publik.

”Walau calonnya baik di Pileg atau Pilpres 2019 berasal dari in­stansi pemerintah bukan berarti lembaga itu bisa memberi du­kungan atau jadi sarana berkam­panye karena emang ada batasan­nya,” pungkasnya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan