Inovasi Pelayanan Ikuti Kompetisi SP4N

BANDUNG – Beberapa program inovasi Pemkot Bandung mengikuti kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatr Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memaparkan sejumlah inovasi dan program unggulan yang dikuti di antaranya Layad Rawat. Menurutnya program ini telah dijalankan sejak lama. Dimana petugas kesehatan mendatangi masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

’’Petugas medis datang ke rumah warga yang butuh pemeriksaan kesehatan secara langsung,”jelas Yana ketika ditemui kemarin. (1/11).

Selain itu, Inovasi lainnya adalah Kendaraan Kekasih Juara (Konseling Silih Asih). Dimana pemkot Bandung menyediakan kendaraan yang berkeliling ke masyarakat untuk memberikan layanan konsultasi mengenai kesehatan sampai kejiwaaan.

Selain itu, Inovasi lainnya di bidang infrastruktur adalah dibentuknya Unit Reaksi Cepat. Unit ini memperbaiki jalan yang berlubang secara cepat dan tepat berdasarkan aduan dari masyarakat melalui Commad Center yang menjadi pusat komando.

“Alhamdulilah hari ini kita persentasikan program Pemerintah Kota Bandung dalam pelayanan dan pengaduan publik,” tutur Yana.

Dia memastikan, selama ini Pemkot Bandung terus berupaya memberikan pelayanan publik terbaik untuk masyarakat. Sebab, sesuai dengan fungsinya sudah seharusnya Pemkot Bandung melayani masyarakat.

Yana menambahkan, kompetisi SP4N ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Kemenpan-RB. Peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah yang sudah memiliki platform SP4N, termasuk perangkat daerahnya juga.

’’Saat ini OPD kita sudah 587 instansi pemerintah terhubung dengan SP4N-LAPOR!.

Sementara itu dalam kompetisi SP4N tersebut ada lima kategori berdasarkan jenis entitas peserta kompetisi, yakni kementerian/lembaga (K/L), Pemprov, Pemkot, Pemkab, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Kriteria dalam kompetisi ini adalah sistem pengelolaan SP4N yang telah diterapkan sekurang-kurangnya pada Maret 2018.
Rencananya, pemenang kompetisi ini akan diumumkan pada 8 November mendatang. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan