Iniesta Pilih Gantung Sepatu

TERSINGKIR bersama Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia Rusia, adalah kenyataan pahit yang harus diterima Andres Iniesta di usianya yang tidak lagi muda, untuk ukuran seorang pesepak bola.

Setelah belum lama ini meninggalkan Barcelona, pemain berusia 34 tahun yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia bersama La Furia Roja di tahun 2010 itu, akhirnya memutuskan untuk mengundurkan dari karir internasionalnya bersama Tim Matador.

Hal ini disampaikan eks kapten Blaugrana tersebut melalui surat yang kemudian diunggahnya pada akun media sosial miliknya, baru-baru ini.

”Halo semuanya, 14 tahun lalu, adalah pertama kalinya saya mengenakan seragam Timnas, usia saya 15 tahun waktu itu, momen yang tidak akan pernah saya lupakan,” bunyi pembukaan surat tersebut, seperti dikutip dari Marca, Selasa (3/7) malam.

”Bisa membela negara adalah mimpi terbesar saya, sesuatu yang sangat spesial, bukan sekedar mimpi, namun (kenyataan) yang juga disertai dengan tanggung jawab yang besar. Selama itu, saya mencari apa arti (dari keberadaan saya) untuk memberikan yang terbaik dan membanggakan (negara),” tulisnya dalam surat tersebut.

Iniesta yang tercatat sebagai pemain Spanyol dengan pencapaian yang sulit ditemukan bandingannya itu, juga mengaku bersukur telah menjadi bagian dari fase terhebat sepak bola Spanyol bersama dengan pemain-pemain lain terbaik di generasinya.

”Spanyol telah mencapai kesuksesan besar (selama ini), pencapaian yang kita impikan di waktu muda dulu, namun ada juga masa di mana kita dikecewakan dalam momen-momen sulit,” kenang mantan rekan seperjuangan Ronaldinho dan Samuel Eto’o di Barca era kepelatihan Frank Rijkaard itu.

”(Untuk itu) saya ucapakan terima kasih kepada semua yang telah menjadikan saya teman yang lebih baik, pesepak bola yang lebih baik. Sebuah kebanggan bagi saya mampu berbagi seluruh pengalaman itu bersama kalian”.

Iniesta yang kini berseragam klub Jepang Vissel Kobe itu mengaku, jika keputusan ini bukanlah hal yang mudah untuk diambil. Sepeninggalnya dari tim nasional, pemilik nomor punggung delapan di klub terbarunya itu, mengaku akan terus memberikan dukungan tulusnya kepada juara Piala Eropa tiga kali itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan