Ingin Contoh Humas Kota Bandung

69
Kepala Bidang Humas Pemkot Bandung Yayan A Brillyana memaparkan program kehumasan yang sudah dijalankan di Kota Bandung.

BANDUNG – Sebanyak 11 legislator dari Komisi A Kota Surabaya mendatangi Pemkot Bandung untuk menanyakan langsung mengenai Kehumasan yang telah dilakukan oleh Pemkot Bandung.

Rombangan datang dipimpin langsung oleh ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Herlina Harsono Njoto dan diterima oleh Kepala Bagian Humas Kota Bandung Yayan A. Brillyana.

Pada pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, rombongan legislator kota Surabaya lebih banyak menanyakan mengenai mekanisme kehumasan yang sdudah dijalankan di Kota Bandung.

Didampingi, Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Bandung, Jaja Nurjaman, Humas Kota Bandung dengan tangan terbuka sharing sejumlah program yang telah dilaksanakan di Kota Bandung di antaranya, Bandung Menjawab, dan produk-produk kehumasan lainnya.

“Tugas kami ini menjaga mood kota melalui pemberitaan yang baik dan positif, baik di media konvensional maupun media digital, terutama di media sosial yang sekarang sedang sangat digandrungi,” tutur Yayan di Ruang Rapat Sekretariat DPRD kemarin. (8/8).

Dia memaparkan, sejak pada 2017, Humas Kota Bandung memproduksi 1.091 siaran pers. Ada sebanyak 10.383 pemberitaan termuat di 993 media online dan 4.354 pemberitaan di media cetak.
Humas Kota bandung juga memanfaatkan saluran lainnya. Di Saluran Youtube, Humas Kota Bandung telah mengunggah 914 siaran, sebanyak 914 siaran di First Media, dan sebanyak 338 siaran di vidio.com.

Dia menilai, peran humas pemerintah memiliki peran vital dalam pembangunan. Setiap program pemerintah tidak akan optimal jika tidak tersosialisasikan dengan baik. Sehingga, kuncinya humas harus proaktif memproduksi berita untuk menginformasikan kepada masyarakatnya.

“Mood kota yang baik juga berpengaruh terhadap peningkatan wisatawan. Tahun ini target Kota Bandung 7 juta wisatawan, kalau beritanya kurang baik, orang akan enggan datang ke Bandung,” ucap dia.

Mendengar paparan tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Herlina Harsono Njoto mengaku, banyak memperoleh ilmu dan masukan dari kunjungan tersebut. Dia ingin menerapkan hal yang ia pelajari itu di Humas DPRD Kota Surabaya.

“Masukan ini akan kami olah untuk diterapkan di DPRD Kota Surabaya,” kata dia.

Kunjungan kerja ini memang bukan kali pertama bagi Humas Kota Bandung. Tahun ini saja, Humas Kota Bandung telah mendapatkan lebih dari 12 kunjungan kerja. Bahkan, di dinas pendidikan pun yang sering menerima kunjungan kerja.

“Sehari bisa dua atau tiga. Kadang juga satu. Tapi tiap minggu itu pasti ada kunjungan kerja,” Humas Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Novi.

Disdik bahkan harus membuat kebijakan agar kunjungan tidak dilakukan setiap hari mengingat ada pekerjaan lain yang juga harus dikerjakan.

“Di kami tidak menerima kunjungan kerja pada hari Senin dan Jumat,” kata Novi (rls/yan)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.