Indonesia Siap Bungkam Maladewa

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Putri Indonesia bakal melakoni laga perdananya di Asian Games 2018 dengan menghadapi Maldewa di di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, yang digelar, Kamis (16/8) hari ini.

Dalam pertandingan itu, pelatih Timnas Putri Satia Bagdja Ijatna mengaku bahwa anak asuhnya sudah siap secara fisik dan mental untuk menghadapi perlawanan Maladewa. Bahkan, Bagdja menagaku pertandingan menghadap Maladewa memang sudah dinanti anak asuhnya sejak lama.

“Untuk lawan Maladewa, tim sudah siap. Pemain kita merupakan pemain yang sama dengan Piala AFF lalu, yang sudah kita siapkan sejak enam bulan lalu. Kami sudah sampai di titik ini, ya menunggu apa lagi, tinggal bermain, nothing to lose saja,” ungkap Bagdja, Rabu (15/8) kemarin.

Bagdja berharap dalam pertandingan nanti anak asuhnya bisa bermain tanpa beban. Meski diketahui, Timnas Putri Indonesia memang sudah lama tidak berkompetisi di event internasional. Bahkan, Kejuaraan Piala AFF 2018 pada Juli lalu merupakan yang pertama setelah tiga tahun absen.

Akan tetapi, Bagdja mengaku itu menjadi keuntungan bagi timnya, karena Maladewa tidak dapat membaca kekuatan Timnas Putri Indonesia. Ditambah, ada dua pemain Timnas Putri Indonesia yang tercatat sebagai pemain profesional di klub di Maladewa yang diyakini mampu menaikan mental timnya.

“Ini lumayan, untuk menaikkan mental pemain kita. Karena kekuatan mental sangat dibutuhkan saat bertanding di level Asian Games seperti ini, untuk memberikan tekanan tersendiri, apalagi kita bertindak sebagai tuan rumah,” ungkap Bagdja.

“Ditambah kemenangan tim putra (atas Taiwan 4-0) seharusnya tidak menjadi beban untuk mereka. Ini beda, tim putra secara individu mereka jauh lebih baik karena sering berkompetisi. Tapi harus dilihat juga, di laga kemaren belum lepas karena biasa itu laga pertama. Bahkan, baru di menit 65 ada gol,” sambungnya.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki Timnas Wanita, Indonesia tetap menargetkan kemenangan di laga pertama untuk terus membuka peluang lolos ke babak selanjutnya.

Manajer Timnas Wanita, Papat Yunisal mengatakan peluang Indonesia cukup terbuka karena Maladewa berdasarkan rangking FIFA dibawa Indonesia yakni 119, sementara Timnas peringkat 77. Bukan hanya itu, Papat juga mengatakan peluang Indonesia kian terbuka, mengingat Maladewa pada Asian Games 2014 tercatat tidak dapat mencetak sebiji gol pun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan