Kalah 1-2, Indonesia Dapat Pelajaran Penting dari Thailand

Kepastian Tim Nasional (Timnas) U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2018 terasa hambar. Penyebabnya tak lain karena anak asuh Indra Sjafri gagal menyempurnakan penampilan apik mereka di fase grup. Pada laga pamungkas Grup A lawan Thailand, Senin (9/7) malam, Garuda Nusantara tumbang dengan skor tipis 1-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Kekalahan ini membuat Indonesia hanya finis di peringkat kedua Grup A. Saddil Ramdani dan kolega mendapatkan 12 poin dari 5 laga. Sementara Thailand menjadi pemuncak Grup A dengan 13 poin. Thailand belum pernah kalah sepanjang fase grup Piala AFF U-19.

Babak Pertama

Indonesia dan Thailand sama-sama tampil agresif pada awal babak pertama. Bermain dengan skema 4-4-2, Thailand melakukan banyak umpan-umpan terobosan yang membahayakan gawang Indonesia. Peluang on target pertama dilancarkan kapten Thailand, Sittichok Paso. Akan tetapi tembakan jarak jauhnya bisa ditepis kiper Aqil Savik.

Indonesia lebih banyak tertekan selepas menit ke-10. Thailand cukup leluasa mengobrak-abrik pertahanan Indonesia. Sementara itu, jarak antara lini tengah dan depan yang lebar membuat Indonesia kesulitan membangun serangan. Transisi yang lambat juga menghambat Indonesis untuk menyerang.

Keteledoran David Rumakiek hampir membuat gawang Indonesia bobol pada menit ke-27. Beruntung tendangan on target Nakin Wisetchat berhasil digagalkan kiper Aqil Savik. Rusuk kiri lagi-lagi menjadi titik lemah Indonesia. Lubang itu dimanfaatkan Matee Sarakum untuk menembak pada menit ke-33. Tetapi bola digagalkan Aqil Savik.

Matee Sarakum lagi-lagi mengancam gawang Indonesia pada menit ke-39. Permainan satu-dua Thailand membawa Sarakum hingga ke muka gawang Indonesia. Namun sepakan terarahnya sukses ditahan kiper Aqil Savik.

Setelah bertahan hampir satu babak, gawang Indonesia akhirnya jebol lewat sepakan jarak jauh Nattawut Chootiwat menit ke-41. Thailand unggul 1-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Paruh kedua baru memasuki menit ke-47, gawang Indonesia langsung terancam oleh tendangan keras Matee Sarakum. Indonesia masih mujur karena bola sukses ditepis Aqil Savik.

Namun, Thailand akhirnya memperbesar skor menjadi 2-0 setelah Sarakum menjebol gawang Indonesia pada menit ke-50. Sarakum sukses memaksimalkan assist Wisetchat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan