Imbas Longsor Cimaung, Akses Jalan Terputus

CIMAUNG – Akibat intensitas hujan cukup tinggi, yang terjadi di kawasan Cimaung Kabupaten Bandung, menyebabkan longsor di Kampung Ciburuy, Kecamatan Cimaung, pada Senin (19/2) sekitar pukul 17.30 WIB. Akibat longsoran yang menutupi jalan tersebut, mengakibatkan kemacetan hingga beberapa kilo meter.

Kapolsek Cimaung, Iptu Joko mengungkapkan, hingga pukul 20.00 WIB, jalan raya tersebut belum bisa dilalui kendaraan roda empat, namun kendaraan roda dua masih bisa dilalui, itu pun satu-satu untuk melintasinya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Bandung, dan sekarang petugas BPBD dan Polres Bandung pun sudah ada di lokasi kejadian untuk membersihkan meterial longsoran dengan menggunakan alat seadanya,” kata Joko saat memberikan keterangannya, Senin (19/2) malam.

Untuk sementara, lanjut Joko, kendaraan masih mengalami penumpukan, sehingga terjadi kemacetan hingga berilo-kilo meter. “Saat ini terlihat kemacetan yang cukup panjang, namun karena saya lagi di lokasi kejadian sehingga tidak bisa memantau hingga ke ujung kemacetan,” ungkapnya.

Joko pun menjelaskan, selain melkukn pembersihan material longsoran, petugas kepolisian pun melakukan pengaturan lalulintas. Dan saat ini pun alat berat yang akan digunakan untuk mengangkut material, masih dalam perjalanan, sehingga kemacetan baru bisa dilalui sekitar tiga jam kedepan. “Mudah-mudahan tiga jam kedepan jalan ini bisa dilalui oleh semua kendaraan,” ujarnya.

Joko juga menerangkan, yang mengalami longsoran ini adalah tebing yang hanya ada satu pohon keras, dan kebanyakan pohon bambu, longsoran ini sekitar tinggi 10 meter dan lebar 40 meter.

Menurutnya, diduga akan ada longsor susul, namun, pihaknya sudah menghimbau agar berhati-hati. “Kami pun sudah menyampaikan sejak dulu, bahwa ada potensi longsor karena ada beberpa tebing mengalami retakan, dan kami minta segera ditangani, namun belum ada penanganan saja. Mudah-mudahan dengan adanya kejadian ini segera di perbaiki,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan Kebencanaan BPBD Kabupaten Bandung Heru Kiatno membetulkan adanya longsoran. “Kami dapat laporan Pukul 17.55 WIB, dan saat ini, kami sedang persiapan berangkat ke lokasi kejadian,” pungkasnya. (yul)

Tinggalkan Balasan