Hidupi Keluarga dari Hasil Jual Desain

Kisah Rahmat Hidayat Penyandang Disabilitas yang Jago Gambar Fesyen

40

Sosoknya belakangan ini mendadak ramai diperbincangkan di media sosial. Ungga­han foto-foto desain pakaian karyanya viral dan mendapat pujian dari ribuan warganet. Dialah Rahmat Hi­dayat, 25, penyandang disabilitas asal Kam­pung Ciawitali, Desa/Kecamatan Sindan­gkerta Kabupaten Bandung Barat.

KEDIAMAN Rahmat berada sekitar 57 kilometer di Selatan Ngamprah, pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. Lokasi itu bisa ditempuh sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Memasuki Kampung Ciawitali, warga sekitar tak akan salah menunjukkan rumah Rahmat. Untuk menuju ke sana, hanya bisa berjalan kaki ataupun mengendarai sepeda motor melalui jalan setapak di tengah sawah sejauh Satu km.

Bersama ibu dan empat adiknya, Rahmat tinggal di rumah panggung semipermanen. Beberapa karyanya dipajang di dinding bilik ruang tengah. Di tempat mungil yang jauh dari keramaian inilah, Rahmat membuat karya-karya desain fesyen yang kekinian.

Terlahir dengan keterbatasan fisik tak membuat Rahmat berpangku tangan kepada nasib. Sebaliknya, dia terus menggali potensi dirinya untuk dikembangkan meski tak pernah mengenyam pendidikan formal.

Dia menuturkan, kecintaannya terhadap desain fesyen berawal ketika dia menonton film drama Korea berjudul King of Fashion sekitar 10 tahun silam. Film itu bercerita tentang seseorang yang berjuang mewujudkan cita-citanya menjadi desainer.

”Dari situ, saya terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Kenapa tidak saya coba. Lalu, saya belajar sedikit demi sedikit membuat desain pakaian, dibantu bibi saya yang juga suka menggambar,” kata Rahmat, Selasa 27 November 2018.

Untuk membuat desain pakaian tersebut, Rahmat mengaku belajar secara otodidak. Motif dan perpaduan warna pada desainnya juga berdasarkan imajinasinya sendiri.

Peralatan yang digunakan pun sederhana, hanya pensil, spidol warna, dan selembar kertas HVS.

Beberapa desain yang dia buat, di antaranya busana pengantin, gaun, kebaya, dan busana Muslim. Hingga kini, sudah ada ratusan desain fesyen yang dibuatnya, bebe­rapa di antaranya diunggah ke media sosial.

Unggahan desain-desain Rahmat ternyata mendapat pujian dan tanggapan positif dari warganet. Bahkan, sa­lahsatu desainnya diwujudkan menjadi busana oleh desainer nasional Eko Chandra. Bus­ana tersebut pun sempat di­kenakan artis Soimah dalam siaran langsung di televisi.

“Dari situ, saya semakin termotivasi untuk terus ber­karya. Dan, Alhamdulillah, keluarga dan lingkungan di sekitar saya juga mendukung,” ujar pria yang mengidolakan desainer Ivan Gunawan ini.

Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan sebelumnya sempat mendatangi kediaman Rahmat. Postingan Hengky di media sosial sempat jadi viral di Instagram atas hasil karya indahnya, Rahmat Hidayat.

Dan kemarin, desainer kond­ang Anne Avantie juga men­gunjungi Rahmat. Dalam postingan instagranya, Anne menulis jika Rahmat memi­liki talenta untuk mendesain, dia juga menyebutkan Rahmat yang berkebutuhan khusus itu jadi tonggak keluarga un­tuk dapat menghidupi lima orang adik-adiknya.

”@rahmathidayat4259 seo­rang Anak berkebutuhan khusus yg bertalenta men­disain dan menjadi tonggak keluarga. menghidupi 5 orang adik dari hasil berjualan disain disebuah desa Sindangkerta dilereng gunung Bandung Barat yg ketika bunda men­gunjungi nya naik ojek di tengah pematang sawah ber­jarak 1 m … sungguh karunia hari ini … dan tunggu malam nanti kisah nya Bunda bagikan pada fans @anneavantieheart @foranneavantie – -Bersyu­kurlah,” tulis Anne lewat akun­nya @anneavantieheart. (ign)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.