HCC Solusi Selesaikan Pemasalahan ASN

15
PULANG KANTOR: Para ASN selesai menjalankan tugas dan bersiap untuk pulang kerja.

CIMAHI– Beragam terobosan dan inovasi terus digulirkan Pemkot Cimahi. Salah satunya Human Capital Care (HCC) yang berada di Badan Kepegawaian Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi. Selain program teranyar, HCC juga hanya ada di Cimahi dan belum ada di kabupaten/kota lainnya di Jabar.

Sekretaris BKPSDMD Cimahi Heni Tishaeni mengatakan, HCC merupakan pusat pelayanan terintegrasi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Cimahi. Dalam pelaksanannya, HCC menggandeng beberapa instansi, seperti BPJS, Tasped, RSUD, dan lainnya

“Intinya HCC ini wadah untuk menampung setiap permasalahan yang dimiliki ASN, dan untuk mencari solusinya,” katanya saat dihubungi, kemarin (21/10).

ads

Dengan demikian, lanjutnya, para ASN yang memiliki permasalahan bisa langsung mendatangi HCC yang berlokasi di gedung BKPSDMD Cimahi. Pihaknya berkomitmen, dengan program ini mereka (ASN) yang memiliki permasalahan bisa dicarikan solusinya.

Heni mencontohkan, jika ada salah seorang ASN yang bermasalah dengan kepengurusan BPJS, mereka langsung bisa mendatangi HCC dan tidak selalu harus mendatangi BPJS. Kecuali, jika personalnya harus datang sendiri. Namun, pihaknya melalui HCC bisa mengatur jadwal dengan BPJS.

“Kita di BKD memfasilitasi, kita atur jadwalnya. Seperti orang mau daftar ke dokter, kan ada pengaturan jadwalnya. Nah HCC juga seperti itu,” ujarnya.

Menurut Heni, HCC yang dimiliki Pemkot Cimahi ini merupakan pertama dan satu-satunya di Jawa Barat, dan di kabupaten/kota lain belum ada program ini. Bahkan, BKPSDMD Kota Cimahi masuk dalam kategori penilaian BKD award.

“Kemarin tim penilai dari provinsi datang dan mereka tertarik, langsung mengecek lokasi. Kita masuk dalam BKD award, mudah-mudahan jadi pemenang, apalagi dari pusat langsung terjun,” ujarnya.

Heni menjelaskan, dengan adanya HCC ini, Pemkot Cimahi berupaya untuk membuat short cut, atau jalan pintas dalam setiap menyelesaikan permasalahan yang dimiliki setiap ASN atau PNS di Pemkot Cimahi. Selain itu, program ini juga untuk meningkatkan kinerja dan salah satu upaya pengembangan SDM yang berkualitas di Pemkot Cimahi.

Lantaran tidak dipungkiri, SDM tidak hanya sebagai alat pendukung organisasi dalam organisasi saja. Tapi juga sebagai aset, dari suatu organisasi yang menentukan keberhasilan untuk mencapai suatu tujuan.

“Sekarang diperlukan pengelolaan SDM dalam menjalankan roda pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Heni menuturkan, saat ini pemkot Cimahi pun menganggap pengelolaan SDM merupakan suatu rangkaian panjang dari mulai proses CPNS, diklat, dan pengembangan serta merencanakan karir hingga proses pensiun dari PNS.

“Kami berahrap HCC bisa dimanfaatkan para PNS untuk menciptakan hubungan kerja dan lingkungan kerja yang harmonis dan dinamis demi tercapainya Cimahi baru dan maju,” pungkasnya. (ziz/yan).

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.