Hasanah Pakai Baligo, Rindu di Tiang Listrik

CIMAHI – Tim gabungan Komisi Pemilihan Umum (KPU)- Panitia Pengawas Pe­milu (Panwaslu) Kota Cimahi menertibkan sejumlah Alat Peraga Sosialisasi (APS) pa­sangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Penertiban tersebut dilaks­anakan mulai kemarin (23/2) hingga Minggu (25/2).

”Ini dilakukan karena kita juga mempunyai ke­wajiban untuk menertibkan APS,” ujar Komisioner KPU Kota Cimahi Septiana, di sela-sela penertiban di Ja­lan Leuwigajah Kota Cimahi, kemarin (23/2).

Septiana menjelaskan, pe­nertiban dilakukan karena saat ini sudah masuk masa kampanye. Sehingga APS ter­sebut akan diganti pema­sangannya oleh Alat Peraga Kampanye (APK) yang akan segera didistribusikan oleh KPU Jabar kepada tim sukses Paslon.

”Saat pemasangan APK, kami berharap mereka akan memasangnya dengan rapih dan titik lokasinya sesuai dengan yang sudah ditentu­kan,” jelasnya.

Ketua Panwaslu Kota Cimahi Yus Sutaryadi menambahkan, penurunan APS tersebut telah sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 4 tahun 2017, pasal 70 ayat 5 yang menyebutkan APS yang terpasang sebelum masa kampanye dimulai, gu­bernur dan wakil gubernur yang menjadi pasangan calon wajib menurunkan APS yang terpasang sebelum masa kam­panye.

”Alat sosialsiasi itu ditertib­kan dengan tujuan tidak ter­jadi tumpang tindih dengan alat peraga sebenarnya yang dikeluarkan KPU Jabar,” ujar­nya.

Yus mengatakan, sebelum melakukan penertiban, pi­haknya telah meminta ke­pada keempat tim sukses paslon untuk menurunkan APS yang sudah terpasang sebelum masa kampanye berlangsung. Namun, kata Yus, keempat tim sukses pas­lon tersebut menjawab bahwa APS itu bukan tim resmi yang memasang.

”Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan tim di wilayah Cimahi. Pada da­sarnya tolong APS yang ber­sebaran di Kota Cimahi di­tertibkan,” ujarnya.

Dari APS yang terpasang saat ini, menurut Yus, yang ba­nyak mendominasi adalah APS pasangan Tubagus Ha­sanudin-Anton Charliyan (Hasanah) dan Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum (Rindu). Disusul pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2 DM sebelum menjadi DM 4 Jabar).

”Kalau baliho sepertinya paling banyak itu pasangan Hasanah. Kalau benner yang terpasang di pohon dan tiang listrik itu pasangan Rindu,” tuturnya. (ziz/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan