Harus Berdampak Positif Pada Ekonomi Rakyat

BANDUNG – Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada bulan ini. Diharapkan, perhelatan olah raga terbesar di Asia itu bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

Tokoh muda Aceh Amir Faisal mengatakan, Indonesia sebagai penyelenggara tidak boleh berpikir hanya bisa menyukseskan Asian Games secara perhelatan saja. Namun, yang terpenting bagaimana Asian Games bisa berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang bermuara pada kesejahteraan.

Menurutnya, ajang internasional yang diikuti negara-negara Asia itu merupakan momentum bagi pengusaha lokal dalam hal ini sektor UMKM untuk meraup keuntungan. Terlebih produk yang ditawarkan UMKM berbasis kearifan lokal.

Hal itu sejalan dengan misi pemerintah mempromosikan kebudayaan asli Indonesia guna menarik minat wisatawan pada event empat tahunan tersebut.

”Kalau perlu pemerintah menyiapkan ruang eksibisi bagi pelaku usaha UMKM untuk menjajakan produk mereka. Jadi tidak hanya produk Jakarta dan Palembang saja sebagai tuan rumah tapi kalau bisa dari semua daerah dikumpulkan dan didukung penuh oleh pemerintah,” jelas Amir kepada wartawan, kemarin (7/8).

Dia menambahkan, produk-produk hasil pelaku ekonomi sektor UMKM sangat pantas bersaing di pentas internasional. Pasalnya, dari segi kualitas sangat mumpuni terlebih dengan kekuatan kearifan lokal dari masing-masing daerah yang menjadi daya tarik selama penyelenggaraan Asian Games.

”Bagaimana dalam waktu sekitar sebulan nanti selama Asian Games kita benar-benar bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bangsa. Bagaimana sukses sebagai penyelenggara tapi juga sukses memberikan economic effect bagi kehidupan masyarakat,” papar Amir yang juga founder The Atjeh Connection Foundation. (gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan