Hadirkan Aneka Masakan Tatar Jawa

INDONESIA memiliki banyak olahan makanan. Nasi, sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia pun diolah dengan berbagai bumbu. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas masakan olahan nasi.

Untuk memenuhi keinginan warga Bandung dalam mencicipi aneka hidangan nasi, Sego Nusantara menghadirkan berbagai varian nasi yang ada di Jawa. Ada beberapa menu nasi yang ditawarkan, sebut saja nasi Padang, nasi ayam Semarang, nasi gandul Pati, nasi uduk Purwakarta, nasi soto Bandung dan masih banyak lagi.

Pemilik Sego Nusantara Ario Aries Tanata bercerita, menu nasi yang disuguhkan di tempat ini menjadi signature alias menu jagoan di daerahnya masing-masing. Untuk menghadirkan atsmosfer khas makanan pinggir jalan, nasi disajikan sangat sederhana.

Menggunakan daun pisang, nasi juga dibanderol harga kaki lima, yakni Rp15 ribu per porsi.
”Kami sengaja menampilkan makanan yang jarang dijumpai di Bandung. Misalnya saat orang Jawa Tengah kangen masakan rumahan, bisa merapat ke tempat ini. Begitu juga untuk citarasa, semua dibuat dengan taste aslinya, misalnya untuk menu Jateng rasanya canderung manis gurih,” ujar Ario di kawasan Jalan Karapitan belum lama ini.

Penunjung yang suka makanan manis gurih, menu nasi ayam khas Semarang bisa menjadi pilihan. Sepiring nasi ini biasa dipadukan dengan sayur labu santan, opor ayam suwir, pindang telur dan baceman tahu. Untuk menu nasi gandul Pati juga tidak jauh beda, nasinya disiram kuah soto daging sapi santan, pindang telur dan tempe goreng kering.

”Kalau di tempat asalnya Pati, Jateng biasanya nasi gandul Pati dijual keliling dengan cara dipikul. Biasanya juga menggunakan daging kerbau yang bersantan dan rasanya manis gurih,” ungkapnya.

Ario berencana, ke depan menu nasi yang disajikan juga lebih beragam. Selain menampilkan nasi khas tatar Jawa, dia juga akan menajajal nasi ala Sulawesi, Bali dan daerah lainnya yang punya olahan tradisional nasi. (fik)

Tinggalkan Balasan