H+4 Jadi Puncak Arus Balik

BANDUNG — Prediksi arus balik dari wilayah timur Jawa Barat seperti Garut, Limbangan, Leles, hingga menuju Cileunyi bakal terjadi pada H+5 (Rabu/20/6/2018) Lebaran 2018.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas (KBO) Polres Bandung, Iptu Kiki Hartaki

mengatakan, kondisi ini lantaran berakhirnya masa cuti bersama Idulfitri 1439 H.

” Hari Kamis nanti masyarakat sudah mulai masuk kerja,” ungkap Kiki ketika dihubungi kemarin (19/6)

Menurutnya, kemungkinan puncak arus mudik ini terlihat dari peningkatan volume kendaraan pada H+4 Lebaran 2018. Bahkan, untuk yang melintas di jalur Nagreg hingga Cileunyi sudah ada peningkatan hingga sore sampai malam.

Berdasarkan data rekap Gerbang Tol Ruas Purbaleunyi pada H+3 Lebaran, Senin (18/6/2018) tercatat masuk ke tol Cileunyi sampai H+3 Lebaran, berjumlah 46.784 unit kendaraan. Sementara yang keluar tol sebanyak 27.682 unit kendaraan.

“Peningkatan volume kendaraan ini diprediksi akan terus terjadi jelang puncak arus balik nanti,” ujar Kiki.

Sementara itu menurut pantauan di lapangan, arus lalu lintas kendaraan dari berbagai jalur di persimpangan gerbang tol Cileunyi hingga H+4 Lebaran ini masih ramai lancar. Bahkan hingga pukul 17.00 WIB, lalu lintas di wilayah tersebut tidak terjadi kemacetan.

Selain itu, untuk pintu gerbang keluar tol Cileunyi arah menuju Rancaekek dan Garut nampak terlihat normal dan tidak ada penumpukan kendaraan. Sama halnya dengan kondisi lalu lintas arah Sumedang via Jatinangor menuju pintu tol Purbalunyi atau menuju Bandung masih terpantau ramai lancar.

Selain itu, pemandangan berbeda terjadi di terminal Cicaheum dimana arus mudik masih terasa hingga H+4.
Kepala Terminal, Roni Hermanto mengatakan, pada hari ini kebanyakan pemudik melakukan keberangkatan jarak dekat di antaranya Tasik, Banjar, Cirebon, Ciamis, dan Kuningan.

Dia menyebutkan, pada H+3 pihaknya mencatat masih ada total 2.109 penumpang yang diberangkatkan. Lalu untuk kedatangan jumlahnya total 1.500.

Selain masih terjadi penumpang mudik lanjut dia, kemungkinan penumpang juga melakukan perjalanan dengan tujuan berwisata ke pantai Pangandaran untuk berlibur.

“Kalau ke Pangandaran biasanya mereka untuk liburan. Tapi ada beberapa juga tujuan keberangkatan ke arah Jawa, seperti Wonosari, Purwokerto, dan Malang,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan