Grand Final Anugerah Atikan Jabar 2018

LEMBANG – Sebanyak 89 peserta mengikuti grand final kegiatan Anugerah Atikan Jabar. Kegia­tan yang digelar oleh Balai Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik), Dinas Pendidikan Jawa Barat ini dilaksanakan tiga hari, Senin hingga Rabu, 10-12 Desember 2018.

Kepala Balai Tikomdik, Endang Susilastuti mengatakan kegiatan Anu­gerah Atikan Jabar bertujuan untuk memberikan apresiasi pada siswa, guru dan sekolah terkait dengan me­dia pembelajaran. Walaupun kegiatan ini merupakan kegiatan baru, antu­sias masyarakat menyambut kegiatan begitu besar. Hal ini terlihat dari jum­lah pendaftar yang mencapai lebih dari 800 peserta.

”Kita juga kaget melihat antusias ma­syarakat sedemikian luasnya. Padahal ini adalah kegiatan pertama. Kedepan­nya ini akan menjadi program tahunan di Jawa Barat. Untuk finalis sudah kita umumkan di November, dan ini adalah grand finalnya,” ujar Endang saat dite­mui di sela-sela kegiatan Anugerah Atikan di Hotel Bumi Makmur Indah, Jalan Raya Lembang Nomor 224, Ka­bupaten Bandung Barat.

Ada 10 mata lomba yang dilaksana­kan pada kegiatan ini, yaitu, lomba whiteboard animation for digital me­dia dalam pembelajaran, lomba media interaktif, lomba film pendek doku­menter, lomba jingle, lomba iklan layanan masyarakat, lomba foto pen­didikan, lomba edugame, lomba karya inovasi pembelajaran, lomba website sekolah dan lomba anugerah sekolah berbasis TIK.

”Hari ini (Senin, 10 Desember 2018, Red.) kita memanggil finalis-fina­lis dari 10 mata lomba un­tuk bersama-sama kumpul di sini, untuk mempresen­tasikan kembali karya yang sudah dibuat,” ujar Endang.

Selain penilaian karya, ada pula workshop dan lom­ba foto selama kegiatan grand final. Endang mengatakan, ada tiga workshop yang diberikan, yang per­tama fotografi, workshop desain kreatif dan terakhir workshop bagai­mana pemanfaatan website.

”Kita ingin mengasah kemampuan mereka, karena kalo kita lihat ke­inginan sudah banyak, kami ingin mengasah kemampuan para peserta dengan mengadakan workshop. Jadi kegiatan grand final ini bukan sema­ta-mata penilaian saja, tetapi di da­lamnya ada juga workshopnya. Hari ini rangka penilaian, besok workshop­nya, setelah itu puncaknya ada di Rabu pagi. Di mana kita akan meny­erahkan hadiah-hadiah yang telah kita siapkan,” jelas Endang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan