Gomez: Butuh Tiga Pemain Lokal

42
JAGA RUMPUT: Pelatih Persib Bandung Roberto Carlos Mario Gomez telah memilih stadion Siliwangi sebagai tempat latihan mereka, dengan alasan tidak akan selalu menggunakan Stadion GBLA.

BANDUNG – Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez menyambut baik kepastian bergulirnya kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 2018 yang akan dimulai pada 23 Maret mendatang. Menurutnya, itu merupakan waktu terbaik untuk menggelarnya kompetisi.

Kepastian tersebut diumumkan setelah PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Kamis 8 Maret 2018 kemarin. Pertemuan itu sendiri dihadiri oleh PSSI dan seluruh peserta Liga 1.

”Itu hal bagus. Kita sudah melakukan persiapan selama 3 bulan dan jika lebih jauh lagi mungkin setiap pertandingannya akan sangat dekat, mungkin saja nantinya harus main di hari Rabu dan Minggu. Jadi, akan lebih baik jika liga dimulai secepatnya,”‎ kata Gomez dilansir laman klub usai menggelar latihan di Lapangan Progresif, kota Bandung, kemarin (9/3).

Dengan keputusan itu, Persib pun praktis memiliki waktu dua pekan sebelum bergulirnya kompetisi. Meskipun hingga saat ini, jadwal untuk pertandingan pertama tim Maung Bandung belum diumumkan secara resmi.

Sambil menanti jadwal, Persib tetap akan menggelar dua kali laga uji tanding dalam satu pekan. Rencananya, laga tersebut akan melibatkan tim dari Liga 1 dan 2 sebagai lawan yang akan dihadapi Atep dkk. ”Ya, kita akan tetap menggelar laga uji tanding di tanggal 14 dan 18 Maret, tapi untuk lawannya, hingga sekarang, kita masih belum dapat. Manajemen masih mencari dua tim untuk lawan kita nanti,” sambungnya.

Meski demikian diakui Gomez, timnya masih membutuhkan setidaknya tiga orang pemain local. Gomez beralasan, karena liga Indonesia akan berlangsung sangat panjang. Selain itu disebutkan dia, Persib juga masih mempunyai beberapa orang pemain yang cedera.

Disinggung siapa saja pemain local yang akan direkrut Gomez, pelatih asal Argentina itu belum merinci siapa dan posisi apa dari tiga pemain local yang akan dibutuhkan tersebut. Selain tiga pemain local Gomez pun masih keukeuh membutuhkan satu pemain asing untuk posisi striker.

”Kita masih bicarakan itu (kebutuhan pemain) dengan manajemen. Mungkin atau tidak, kalau kita bisa datangkan lagi pemain, termasuk pemain asing,” ungkapnya.

Gomez menyebut kebutuhan striker pemain asing dipandangnya sesuatu hal yang sangat penting.

Seperti diketahui, Liga 1 2018 bakal ditayangkan langsung tiga channel Tv berbeda. Antara lain Indosiar, O Channel dan TV One. Namun secara teknis pemegang hak siar kini berada di tangan Emtek Group. Demikain pula dengan Liga 2 2018. Bila ditotal akan ada 300 laga yang disiarkan secara langsung, 124 lainnya via streaming.

Rinciannya yakni, Indosiar akan menayangkan 90 persen pertandingan dari total 238 pertandingan di Liga 1. Sedangkan, 68 pertandingan yang lain melalui tayangan sreaming. Adapun untuk Liga 2, distribusinya yakni 62 laga siaran langsung, 56 lainnya streaming.

Untuk TV One, mereka bakal mendapatkan slot satu pertandingan untuk per pekan. Namun, untuk produksi masih akan ditangani tim GTS (Gelora Trisula Semesta), seperti halnya musim lalu.

Harsiwi Achmad, Direktur Program Emtek Group menjelaskan untuk tayangan via jalur streaming bakal dimaksimalkan via jalur online mereka untuk musim depan. “Dari analisa, dulu hanya ada beberapa klub yang menjadi daya tarik. Berdasar Piala Presiden, potensi pertandingan menarik hampir di setiap pertandingan,” terangnya.

Siwi-sapaan Harsiwi-juga menegaskan bakal menayangkan pertandingan yang melibatkan Perseru Serui. Kemungkinan tersebut menjadi salah satu pertimbangan berdasarkan Piala Presiden lalu. “Kalau misalkan gak disiarkan di Indosiar, bisa di channel lain,” terangnya.

Selanjutnya, mereka akan memilah mana saja turnamen yang akan ditayangkan Emtek Group. Termasuk pembagian match mana saja yang akan disiarkan TV One. Di tempat yang sama Berlinton Siahaan, Direktur Utama PT.LIB membenarkan secara komersial kompetisi bakal meningkat.

“Tetapi siaran pertandingan live juga tinggi, artinya ada peningkatan income juga ada kenaikan cost,” terangnya. Dia  mengatakan kerja sama dengan LIB dengan Emtek Group bakal berlangsung dalam tempo lima tahun. Sayangnya, mereka enggan menyebut lebih detail berapa nominal kerja sama tersebut.

Selanjutnya, Berlinton berharap agar seluruh pertandingan, khususnya Liga 1 bisa ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia. ’’Bisa secara live dari 3 channel yang ditunjuk oleh Emtek (Grup) ataupun streaming,’’ ujarnya. (nap/rid/ign)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.