Gol Striker Asing Mendominasi

JAKARTA – Dari 10 besar jajaran top skorer Liga 1 2018, delapan di antaranya merupakan pemain asing. Meski begitu masih ada striker lokal yang tidak kalah bersaing. Mereka adalah Samsul Arif (Barito Putera) dan Stefano Lilipaly (Bali United)

Hingga pekan ke-20, Samsul dan Lilipaly sama-sama mengoleksi 10 gol. Selain mereka, ada Aleksandar Rakic (PS Tira) yang juga mencetak 10 gol. Jumlah tersebut hanya selisih empat gol dari dari top skorer sementara Fernando Rodriguez (Mitra Kukar).

Selain jumlah gol, kontribusi Samsul maupun Lilipaly juga tidak kalah baik. Dalam 20 kali pertandingan, Samsul tidak tergantikan. Ia tercatat memiliki 1.716 menit bermain. Pemain berusia 33 tahun itu juga membuat empat assist dan 12 umpan kunci.

Pada awal musim, Samsul memang sempat kesulitan. Gol perdana baru ia cetak pada pekan kedelapan. Saat melawan PSIS Semarang (12/5), Samsul langsung mencetak dua gol.

Kemudian ia turut andil dalam kemenangan 3-4 atas Mitra Kukar (6/7). Mantan pemain Persela Lamongan itu memborong empat gol sekaligus.

Meski tergolong terlambat panas, pelatih Barito Putera Jacksen F. Tiago mengapresiasi permainan Samsul Arif. Pelatih asal Brasil itu tidak pernah meragukan kemampuan anak asuhnya.

Apalagi musim lalu saat masih bersama Persela, Samsul memiliki capaian menarik. Ia menjadi top skorer lokal dengan raihan 17 gol.

“Saya hanya memberikan kepercayaan kepada dia (Samsul). Seorang striker modern tidak selalu dinilai dari jumlah gol yang ia cetak. Tetapi peran dia dalam tim,” ungkap Jackson.

Di sisi lain, Samsul bersyukur bisa memberikan kontribusi lebih dalam tim. Apalagi ia juga dipercaya sebagai kapten Laskar Antasari.

“Mencetak banyak gol memang bukan tujuan utama saya. Bagi saya yang paling penting bisa membawa tim berprestasi. Memang tugas striker itu mencetak gol. Tetapi ini juga tergantung kesempatan yang dimiliki tiap individu dan kerja sama tim,” ujarnya.

Sementara itu pada musim ini Lilipaly lebih sering berperan sebagai second striker. Ketika Irfan Bachdim dan Ilija Spasojevic cedera, Liliplay bahkan bermain sebagai striker. Pemain naturalilasi dari Belanda itu telah mencatat tiga assist, 24 umpan kunci, dan 49 tembakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan