Geser Persija Jakarta

BANDUNG – PERSIB berhasil mengamankan tiga angka saat mengalahkan PSIS Semarang 1-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, kemarin (8/7). Gol penentu kemenangan Maung Bandung diciptakan Ezechiel N’Douassel di menit ke-40, yang menjadikannya topskorer sementara Liga 1 dengan torehan 12 gol.

Persib harusnya berada di atas angin, apalagi secara klasemen PSIS jauh berada di bawah Persib. Sayangnya banyak peluang yang ada tak dapat dimanfaatkan dengan baik. Gol tunggal itu baru tercipta 5 menit sebelum babak pertama usai, lewat sundulan Ezechiel N’Douassel setelah menyambut crossing Supardi Nasir. Bola yang ditanduk Ezechiel meluncur deras ke gawang Mahesa Jenar yang sudah ditinggalkan Jandia Eka Putra yang mencoba memotong umpan Supardi.

Bahkan ball possession justru lebih besar PSIS Semarang dengan 53 persen, sementara Maung Bandung hanya 47%. Padahal PSIS tampil tanpa playmaker andalannya, Ibrahim Conteh. Bahkan, PSIS beberapa kali mengancam gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan lewat skema serangan balik.

Salah satu peluang PSIS terjadi beberapa saat sebelum Ezechiel mencetak gol. Bruno Silva yang mengirim umpan datar kepada rekannya yang sudah berdiri bebas. Tapi dengan cekatan dan cepat, full back kiri Persib, Ardi Idrus menghalau bola.

Di babak kedua, Mahesa Jenar tampil mengejutkan dan memaksa skuat Maung Bandung lebih banyak bertahan. Upaya keras yang dilakukan PSIS beberapa kali mengancam pertahanan Persib.

Di menit 60 sundulan Bruno Silva membuat kiper I Made Wirawan harus kerja keras menghalau bola. Selang 2 menit kemudia, tendangan bebas gilang Ginarsyah juga membuat Made harus jatuh bangun.

Namun begitu, Persib bukan tanpa peluang dan ancaman. Di menit 63 aksi Febri Hariyadi dengan kecepatan berlarinya nyaris membuat puluhan ribu bobotoh kembali bergemuruh. Namun sepakan keras Febri masih bisa dimentahkan Jandia.

Begitupun dengan upaya Jonathan Bauman yang tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang PSIS. Persib hampir menggandakan keunggulan setelah mendapatkan peluang emas lewat Ezechiel di menit 84. Sayangnya dalam situasi one on one, Ezechiel gagal menaklukkan Jandia yang berhasil memblok tendangan striker asal Chad.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan