Gencarkan Minat Baca Sampai Kampung

SOREANG – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung terus melakukan kampanye untuk meningkatkan minat baca warganya. Salah satu yang kini digencarkan menyisir area perkampungan dengan menggunakan perpustakaan keliling.

Kendaraan roda empat yang telah di sulap dengan dilengkapi ribuan judul buku itu setiap hari rutin menyusuri beberapa wilayah yang ada diibukota Soreang. Mulai dari wilayah selatan yang sering dikenal sebagai kawasan objek wisata hingga bagian timur.

Ditemui di Kampung Sindang Mulya, Petugas Pelaksana Perpus Keliling Dede Saepudin mengatakan, program ‘Perpus Keliling Kampung’ ini memang menjadi agenda dari Dispusip Kabupaten Bandung dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Biasanya kami bersinergi dengan tiap tiap kecamatan dimana kira kira Perpus ini dibuka. Kalau soal jadwal itu seminggu sekali dan sudah disiapkan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Bandung. Jadi kami hanya melaksanakannya saja,” ujar Dede.

Dede juga mengaku gembira lantaran selama menyusuri beberapa wilayah Kabupaten Bandung perpus keliling ini mendapat respon yang sangat baik dari warga. Hal itu terlihat dari total pembaca yang dalam sehari mencapai 200 orang.

“Alhamdulillah soal animo warga yang ingin membaca cukup besar terutama di desa. Tiap hari kami siapkan 1.500 judul buku mulai dari ilmu terapan, sains, dan banyak lagi agar bisa menjadi pilihan warga baik anak anak maupun orang tua,” tandasnya.(mol/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan