Gelar Program Edukasi Tahunan Untuk Menangkal Alergi

BANDUNG – Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals, secara berkesinambungan mendukung program tahunan World Allergy Week yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya melalui berbagai program edukasi.

Senior Brand Manager Kalbe Nutritional Dewi Angraeni menjelaskan bahwa program tahun ini dikemas seperti tahun sebelumnya, yaitu program Parenting Seminar skala nasional. ”Tahun ini Morinaga kembali mengadakan program Parenting Seminar skala nasional sebagai program edukasi tahunan untuk meningkatkan pemahaman bunda akan alergi dan penyakit lainnya yang terkait dalam rangka World Allergy Week 2018, serta menggagas pelatihan dan sumber daya untuk melakukan diagnose dan tindakan pencegahan,” jelasnya dalam rilis yang diterima Zetizen Jabar Ekspres, kemarin (24/5).

World Allergy Week merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization (WAO) yang berfokus terhadap topik dunia tahun 2018 ini, yakni Dermatitis Atopik atau Eksim. Dermatitis Atopik merupakan penyakit radang kulit yang tidak menular dan bisa kambuh secara berkala, tapi juga bisa mencapai titik kronis. Umumnya, episode pertama terjadi sebelum Si Kecil berusia 1 tahun, yang selanjutnya bisa hilang dan timbul kembali. Prevalensi jenis kulit Dermatitis Atopik pada anak diperkirakan mencapai 10 hingga 20 persen, sementara pada orang dewasa sekitar 1 sampai 3 persen.

Penyebab Dermatitis Atopik masih belum dapat dipastikan, namun 50 persennya berasal dari faktor eksternal seperti kondisi lingkungan sekitar yang terlalu kering, bahan pencetus iritasi kulit seperti jenis sabun atau deterjen tertentu, debu, rumput serta serbuk dari tumbuhan berbunga (pollen), sementara 50 persen penyebab lainnya dicetuskan melalui makanan.

Ada 8 makanan utama yang dianggap bisa mencetus alergi atau yang umumnya dikenal sebagai The Big 8, yaitu, susu, telur, ikan, jenis makanan laut tertentu seperti udang misalnya, gandum, kacang tanah, kacang kedelai serta kacang pohon seperti, walnut, almond, hazelnut, cashew dan pistachio. Susu atau alergen protein susu sapi, menjadi salah satu pencetus paling umum di dunia dengan angka kejadian yang mencapai 2 hingga 7.5 persen yang mana 0.5 persen terjadi pada Si Kecil yang masih mendapatkan ASI eksklusif.

Untuk itu, Morinaga memiliki program tetap yaitu Morinaga Allergy Solution yang merupakan solusi alergi untuk Si Kecil melalui sinergi nutrisi yang tepat, hasil pengembangan PT Kalbe Nutritionals bersama Morinaga Research Centre Jepang.

Tinggalkan Balasan