Galuh Jadi Alternatif Tempat Latihan

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung akan mem­bantu PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) membangun pusat latihan para pemain Persib yang letaknya tidak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto, mengimbau kepada PT. PBB untuk segera mengurus legalitas pembangu­nan, terutama penegasan status lahan karena lokasi pembangu­nan berada di perbatasan an­tara Kota Bandung dan Kabu­paten Bandung. ”Nanti juga akan kita bantu koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dan BPN (Badan Pertanahan Nasional),” kata Yossi di Balai Kota Bandung, belum lama ini.

Yossi menekankan bahwa fasilitasi dari Pemkot Bandung merupakan wujud dari par­tisipasi pemerintah dalam meningkatkan kualitas Persib, sebab berdasarkan sejarahnya, PT. PBB berdiri dengan kon­tribusi 51 persen aset milik Pemkot Bandung.

”PT PBB juga salah satu aset itu. Karena dulu saat pendirian PT PBB ada aspirasi publik Kota Bandung dan Jawa Barat agar tidak kehilangan Persib berpindahke kota lain,” ujar Yossi.

Yossi mengatakan Lapangan Sidolig yang selama ini dija­dikan tempat latihan bagi para pemain Persib dipandang sudah tidak representatif lagi. ”Selain karena fasilitas yang belum sepenuhnya memadai yang ada d Sidolig, kadar po­lutan di pusat kota itu juga dipandang kurang baik untuk latihan Persib,’” ucapnya.

Menurut Yossi, jika Persib su­dah memiliki lapangan yang baru untuk latihan, nantinya lapangan Sidolih akan diperuntukkan bagi klub-klub amatir jika akan bermain di sana.”Lapang Sidolig itu tadinya untuk amatir, kalau untuk level amatir sudah repre­sentatif, jauh di atas rata rata, karena tidak setiap kabupaten/kota punya itu,” katanya.

Kendati begitu menurut Yossi, lapangan Sidolig hing­ga saat ini masih dikelola oleh PT Persib Bandung Bermar­tabat (PT PBB) termasuk da­lam masalah perawatan dan penggunaannya. ”Ke Pemkot Bandung cuma bayar retri­busi saja, sewa,” tutupnya.

Direktur PT Persib Bandung Bermatabat (PBB) Teddy Tja­hojono menyebutkan pihaknya sebenarnya mempunyai ba­nyak alternatif untuk latihan Persib salahsatunya Lapangan Galuh dan Singaperbangsa. Meski sebelumnya lapangan Galuh belum terverifikasi, namun sebut Teddy kini pihak liga tengah akan melakukan verifikasi. ”Liga lagi coba ve­rifikasi lagi, karena ini kan keadaan force major,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan