FORMI Lestarikan Oltrad

PANGALENGAN – Peringa­tan hari jadi Federasi Olah­raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupa­ten Bandung ke-7, dipusatkan di Hutan Rahong Desa Pulo­sari Kecamatan Pangalengan berlangsung hangat dan gem­bira, karena dihadiri para pegiat olahraga tradisional (Oltrad) juga relawan bumi disabilitas.

Ketua Formi Kabupaten Bandung Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser mengatakan, oltrad harus digaungkan ke­pada masyarakat, khususnya generasi milenial saat ini. Selain sebagai olahraga, oltrad juga memiliki nilai bidaya dan filosofi tersendiri bagi pelakunya.

“Saya harap oltrad tidak dilupakan zaman, karena bukan sekedar olahraga biasa, namun setiap permai­nan tradisional ini memiliki makna dan filosofi tersen­diri. Selain rasa gembira, oltrad bisa membangun nilai kekompakan, keber­samaan, koordinasi, komu­nikasi, melatih gerak moto­ric fisik dan pastinya menga­sah kemampuan strategi berfikir,” ungkap Kurnia.

Kemudian lanjutnya, dengan SABUMI pada perigatannya kali ini FORMI, mengajak masyarakat agar sehat, baha­gia, gembira dan luar biasa.

Meskipun beberapa atraksi tidak bisa ditampilkan, namun permainan sumpit masih bisa dilaksanakan. Sesuai harapan pemerintah jelasnya, FORMI berupaya ada satu permainan tradisional yang diangkat dan dimasyarakatkan kembali. Tahun kemarin per­mainan jamparing diangkat dan dimasyarakatkan, saat ini FORMI mengangkat sum­pit permainan yang saat ini hampir punah.

“Tahun depan kita akan mengangkat lagi permainna lainnya, tidak lagi sumpit. Kita akan menggali lagi per­mainan tradisional lainnya, sesuai dengan asli daerahnya dan menjadi ciri khas Kabu­paten Bandung,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung Slamet Mulyana menjelaskan, dengan FORMI masyarakat bisa lebih berkreasi di bidang olahraga, terutama yang ber­sifat tradisional.

“Seperti hadangan, jaman saya kecil itu hanya permai­nan anak-anak setelah pulang mengaji atau disaat bulan purnama. Tapi sekarang men­jadi olahraga berprestasi,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan organi­sasi masyarakat tersebut se­jalan dengan program pe­merintah, terutama dalam upaya meningkatkan keseha­tan masyarakat melalui olah­raga. Sehingga harapnya, tema ulang tahun FORMI “ Seribu Aksi Bersama FORMI” jadi langkah awal FORMI da­lam upayanya melestarikan olahraga tradisional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan