Folmer: Saksi TPS Itu Penting

BANDUNG – DPC PDI Perjuangan melakukan penjaringan untuk dijadikan saksi di tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan wali kota (Pilwakot) Bandung, nanti. Selain itu menurut politisi banteng moncong putih Folmer Siswanto M. Silalahi, kegiatan itu pun sebagai ajang edukasi bagi masyarakat tentang pemilu.

”Kita melakukan ini sekalian mengenalkan fungsi dan peran saksi di TPS serta memberikan motivasi. Agar saksi yang mendapatkan amanah bisa bekerja militant dengan integritas dan dedikasi tinggi,” kata Folmer ditemui di kantor DPC PDI Perjuangan kota Bandung, kemarin.

Lanjut dia, pelatihan dilakukan secara bertahap dari proses penjaringan, rekrutmen, hingga verifikasi data, selama enam bulan kebelakang. ”Kalo hari ini (kemarin, Red) proses verifikasi data, barangkali domisili calon saksi pindah, atau ada yang lainnya,” imbuhnya.

Folmer meyebutkan, Pilkada serentak akan memakan waktu lama, baik fisik maupun mental. Agar suara yang Paslon dapat tidak melenceng, perlu memiliki saksi yang militan. ”Ketidak telitian di TPS itu bisa saja terjadi, karena memakan waktu yang sangat panjang, jadi peran saksi ini sangat penting,” ucapnya.

Dia menambahkan setiap TPS idealnya memiliki dua saksi, satu saksi di dalam dan saksi di luar, hal ini bertujuan jika sewaktu yang di dalam berhalangan bisa bergantian. Sehingga tidak ada kekosongan saat proses pencoblosan. ”Sehingga tidak akan ketinggalan saat proses perhitungan,” jelasnya.

Sebut dia, saksi sifatnya permanen tidak hanya Pilwalkot tapi juga Pilpers agar tidak harus lagi ada proses sosialisasi kepada saksi.

Sementara itu DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Barat menyasar pemilih muda dalam Pemilihan Kepala Daerah 2018. Sebagai sayap partai PDI Perjuangan, BMI akan melakukan konsolidasi untuk memenangkan Pilkada di 16 Kota Kabupaten di Jawa Barat.

”Kami setelah terus melakukan konsolidasi dengan DPC-DPC agar melakukan rekrutmen dengan menyasar pemilih pemula untuk sama-sama berjuang memenangkan Pilkada di 16 kabupaten/kota dan Pilgub Jabar 2018,” kata Ketua DPD Banteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari usai meresmikan posko pemenangan pasangan Hasanudin-Anton Amanah (Hasanah) di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Minggu (14/1).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan