Fokus Susun Laporan Kerja Tiap OPD

NGAMPRAH – Menjelang berakhirnya kepemimpinan Bupati Abubakar di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Wakil Bupati Yayat T Soemitra Pemkab tengah fokus mempersiapkan laporan pertanggung jawaban baik yang disampaikan kepada mitra pemerintah maupun kepada masyarakat umum.

Sekda Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya mengatakan, seluruh dinas saat ini tengah menyusun untuk laporan capaian program kerja selama lima tahun terakhir.

Menurutnya, laporan tersebut berdasarkan data yang dimiliki oleh masing-masing dinas tentang capaian keberhasilan dan pekerjaan yang belum terselesaikan.

“Sehingga nantinya akan disampaikan kepada seluruh masyarakat berdasarkan data yang dimiliki,” katanya.

Maman menyebutkan, banyak persoalan yang saat ini telah dicapai oleh pemerintah daerah. Di antaranya terkait keberhasilan meningkatan IPM untuk Jawa Barat, persoalan pengangguran hingga pengentasan kemiskinan.

“Termasuk soal pendidikan dan kesehatan menjadi hal utama yang harus diberikan kepada masyarakat. Kita melakukan evaluasi apakah kita itu penyumbang masalah atau justru penyumbang solusi untuk menuntaskan masalah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Maman, sejumlah prestasi telah diraih selama kepemimpinan Bupati Abubakar. Sebut saja, Kabupaten Bandung Barat berhasil menyandang predikat sebagai kabupaten yang peduli anak. Hal itu terbukti dari Penganugerahan Kabupaten Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana S. Yembise pada acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2017 di Pekanbaru Riau beberapa waktu lalu.

Selain itu, Kabupaten Bandung Barat kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, 4 desa di Kabupaten Bandung Barat meraih penghargaan program Perpuseru Tingkat Nasional. Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi dan komitmen desa yang menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Serta beberapa penghargaan lainnya selama 2017 lalu.

Maman juga mengakui, selain keberhasilan sejumlah penghargaan, namun ada beberapa hal yang memang masih terus dimaksimalkan untuk mencapai target RPJMD 2013-2018. “Seperti menuntaskan pengerjaan infrastruktur jalan di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat. Kami juga tengah memperjuangkan untuk melakukan pembangunan gedung DPRD yang baru,” tandasnya. (drx/yan)

Tinggalkan Balasan